image_pdf
Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, S.T., M.T. (kiri) duduk sejajar dengan
Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi’uddin (kanan)

MALANG – Universitas Negeri Malang (UM) gelar acara Memorandum of Understanding (MoU) sebagai acara penyambutan hadirnya Pemerintah Kota Pekanbaru pada hari Jum’at, 9 April 2021 pukul 13:00 WIB dalam rangka penandatanganan kerjasama di bidang Pendidikan. Acara ini dihadiri oleh beberapa pimpinan UM, mulai dari Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd, ditemani Wakil Rektor II Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd., Wakil Rektor III Dr. Muarrifin, M.Pd., dan Wakil Rektor IV Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd. Sementara terdapat hadirin dari pihak pimpinan Pekanbaru diantaranya adalah Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, S.T., M.T., Sekretaris Daerah H. Muhammad Jamil, M.Ag., M.Si. dan asisten pemerintahan serta beberapa kepala dinas yang membawahinya.

Penandatanganan MoU sebagai wujud kerjasama

Acara MoU tersebut diisi dengan sesi dokumentasi penandatanganan kerjasama antara UM dengan Pemerintah Kota Pekanbaru, kemudian pemaparan presentasi oleh Walikota Pekanbaru tentang pengenalan lebih lanjut terkait beberapa kondisi ekonomi, geografis, sosial dan budaya serta program yang sedang berlaku di Kota Pekanbaru. Sementara dari pihak UM, AH. Rofi’udin sebagai Rektor UM turut memperkenalkan beberapa wakil rektor yang hadir pada saat itu, kemudian dilanjutkan pengenalan beberapa gedung penunjang perkuliahan pada tiap fakultas dan jumlah mahasiswa aktif di UM sehingga setelahnya terdapat beberapa hal yang didiskusikan oleh kedua belah pihak bersangkutan

Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi’uddin (kanan)
pada saat memberikan sambutan di awal acara

“Suatu kehadirat Yang Maha Kuasa bahwa ditengah pandemic covid ini kita bisa bertatap muka untuk mencari kira-kira apa yang bersama-sama kita bisa lakukanuntuk kemajuan bangsa, untuk kesejahteraan rakyat Indonesia,” ujar AH. Rofi’udin melalui sambutannya. “Bapak dan Ibu, kita memang punya kepentingan sama tentang bagaimana kita berupaya memjukan negeri ini, sesuai porsi kita masing-masing,” lanjutnya menjelaskan.

Penyerahan Plakat UM sekaligus berfoto bersama

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan bahwa dari pihak rombongan Pekanbaru sudah meluangkan waktu untuk menindaklanjuti beberapa permintaan kerjasama sejak hari minggu pekan acara hingga pada hari H pertemuan. “Kerjasama dengan sesama pemerintah daerah, sesama pemerintah kota, begitu pula dengan pemerintah kabupaten dan menindaklanjuti surat dari kampus Bapak ini (red: Rektor UM) saya terima kalau tidak salah tiga minggu yang lalu,” lanjut beliau menjelaskan.

Melalui acara pertemuan ini, UM dan Pemerintah Kota Pekanbaru menitikberatkan kerjasamanya dalam bidang riset dan penelitian.

Pewarta: Afica Dela Vega – Internship Humas UM