image_pdf

Gresik. Dalam rangka menghadapi Revolusi Industri 4.0 Universitas Negeri Malang (UM) melebarkan sayapnya dengan berusaha bekerjasama dengan pihak-pihak yang dapat menunjang dan menambah keahlian/kompetensi mahasiswanya. Bersama dengan PT Barata Indonesia (PTBI) yang merupakan salah satu BUMN terbaik 2018  kategori Bidang Non Keuangan Sektor Industri Strategis di Gresik, Jawa Timur, UM menjalin kerjasama melalui penyelenggaraan program magang mahasiswa  bersertifikat.

Kegiatan penandatanganan naskah kerjasama dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 8 Januari 2018 bertempat di Gedung Serbaguna PTBI Gresik. Dalam kegiatan tersebut selain dihadiri oleh Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Kepala Biro UK UM Drs. Amin Sidiq, M.Pd., Kabag Kerjasama dan Humas UM Dra. Aminarti S Wahyuni, Staf Kerjasama UM Intan Kafitasari, S.S. juga dihadiri perwakilan Undip, Unmul, Unisma, Poliwangi, Polimed, PEM AKA MIGAS, AKSI. FHCI sendiri merupakan forum yang mewadahi pengelola dan praktisi manajemen human capital di lingkungan BUMN.

Program magang bersertifikat ini diharapkan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman di BUMN, ungkap Sofyan Rohidi, Direktur Eksekutif FHCI.

“Program ini merupakan wujud komitmen FHCI untuk menjadi forum pembelajaran guna menghasilkan Human Capital Indonesia yang berdaya saing global dan terbuka untuk Universitas di Indonesia. Kami berharap Melalui kerja sama ini mahasiswa UM akan mendapatkan kesempatan untuk magang di PTBI di seluruh wilayah Indonesia,” harapnya.

Sementara itu Kepala Biro UK UM Drs. Amin sidiq menjelaskan skema kerjasama yang telah disepakati keduabelah pihak. “Bentuk kerjasama yang disepakti UM dengan PTBI adalah dengan mengirimkan empat mahasiswa Fakultas Teknik UM untuk melaksanakan magang di PTBI mulai bulan Januari 2019 selama 6 (enam) bulan. Diakhir magang mahasiswa akan mendapatkan sertifikat dari FHCI dan PTBI yang diakui oleh seluruh BUMN di Indonesia sebagai bukti kompetensi pendamping ijazah,”pungkasnya.

Selain melakukan MoU, Seluruh perwakilan UM dan undangan lain berkesempatan untuk berkunjung dan melihat langsung aktifitas produksi di PT Barata Indonesia diakhir kegiatan.

Pewarta & Pewarta Foto : Intan Kafita Sari – Staf Kerjasama BAKPIK UM