image_pdf
Kegiatan Monev PKM 5 Bidang di Aula Utama Graha Rektorat Lantai 9

Malang. Kamis (3/9), Universitas Negeri Malang (UM) lakukan pembinaan Tim Persiapan Monev Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang Pendanaan Tahun 2020 di Aula Utama Graha Rektorat Lantai 9 secara offline dan dilakukan secara online (daring), hal tersebut mengingat pandemi Covid-19 yang masih melanda. Pemateri dalam kegiatan tersebut yaitu Prof.Akhmad Fauzy,S.Si., M.Si., Ph.D. Tahun 2020, UM alami peningkatan PKM yang didanai dibandingkan dengan tahun lalu sekitar 36 PKM dan meningkat sebanyak 84 PKM. Kegiatan yang dilaksanakan mulai jam 09.00 WIB tersebut berjalan dengan lancar

Pembinaan PKM tahun ini mengalami sedikit perbedaan dengan tahun sebelumnya hal tersebut berkaitan dengan adanya Pandemi Covid-19 yang melanda, namun pembinaan harus tetap dilaksanakan. Pembinaan PKM yang mendapatkan pendanaan Tahun 2020 dilaksanakan dengan dua tahap. Tahap pertama adalah secara daring dan kedua secara luring.

Prof. Akhmad Fauzy, S.Si., M.Si., Ph.D saat menyampaikan materi

Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M., selaku ketua bidang penalaran UM menjelaskan kegiatan Monev PKM 5 Bidang tersebut.

“Kegiatan pembinaan ini harus dilakukan dengan cara dipecah hal tersebut berkaitan dengan situasi Covid-19, dimana ada separuh mahasiswa PKM yang didanai berada didaerah sehingga tetap memfasilitasi yang dilakukan secara daring dan secara offline dengan mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan oleh UM” ujarnya.

Salah Seorang Mahasiswa Bertanya Saat Kegiatan

Lebih lanjut Heny juga menjelaskan bahwa monev dilakukan secara 3 tahap. Tahap pertama adalah pemetaan proposal PKM dari para mahasiswa pendanaan , tahap kedua yaitu monitoring dengan menggali potensi proposal mahasiswa PKM yang sudah dipetakan  dan tahap ketiga adalah pemantapan mental untuk menghdapi monitoring eksternal yang akan dilaksanakan sekitar minggu awal di bulan Oktober. 

Muhammad Hisyam Habbani mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) salah satu tim mahasiswa PKM yang didanai tahun 2020 juga memberikan harapan terkait PKM ini

“Harapan dari tim kami dengan adanya pandemi Covid-19 ini semoga ide-ide kami tetap terlaksana dan meminimalisir kekurangan selain itu juga kami berharap untuk lolos di PIMNAS nantinya, semua itu perlu doa dari teman-teman semua selebihnya tawakal kepada Tuhan Yang Maha Esa” ujarnya.

Pewarta : Riki Pratama – Internship Humas UM