image_pdf
Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd menyambut para Wartawan Mitra UM di Aula Lantai 1 Graha Rektorat UM

Untuk meningkatkan sinergitas dan sebagai salah satu langkah keterbukaan publik, Universitas Negeri Malang (UM) melakukan gathering & hearing dengan para awak media se-Malang Raya, dalam rangka penguatan kelembagaan antara UM dengan media massa. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jum`at (16/12) di Aula lantai 1 Graha Rektorat dengan dihadiri oleh Rektor UM, Wakil Rektor I, Kasubdit Humas dan Kemitraan, Kasi Humas dan para wartawan dari media massa yang ada di Malang.

Wartawan Surya Malang, Sylvi menyampaikan saran untuk publikasi kegiatan di UM, dalam acara gathering & hearing, Jum’at, 16 Desember 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UM menyampaikan terima kasihnya atas kerjasama yang telah terbangun dan harapan untuk kedepan. “Saya sampaikan terimakasih kepada seluruh rekan media yang telah mensupport UM dalam hal publikasi. Ini terbukti karena akhirnya UM bisa memperoleh peringkat informatif dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik yang dilaksanakan oleh Komisi Informasi Pusat (KI Pusat) selama tiga tahun berturut-turut dan istimewanya tahun ini bisa mendapatkan peringkat terbaik 1,” ucapnya.

Lebih lanjut, Prof. Hariyono juga berharap bahwa dengan bantuan publikasi dari media massa, inovasi yang diciptakan oleh sivitas UM bisa lebih dikenal oleh masyarakat dan memberikan implikasi langsung dalam hal pemecahan masalah yang ada di masyarakat. “Informasi yang bagus adalah informasi yang akurat dan mengorientasi masyarakat. Maka disinilah tugas media massa untuk menyebarkan informasi yang bagus dan memberikan manfaat bagi masyarakat.”

“Saya sangat menyayangkan realita yang sekarang sedang terjadi di sekitar, yakni hasil penelitian para dosen dan mahasiswa yang bagus-bagus itu hanya terpublikasi di jurnal internasional, dimana masyarakat kita jarang sekali yang menjangkau hal tersebut. Jadi yang untung adalah orang lain di luar sana. Dari situlah saya berharap para rekan media massa ini bisa memasifkan informasi dan inovasi yang kita miliki agar berdampak kepada masyarakat kita sendiri,” tutur Rektor UM.

Pertemuan pada siang hari itu berlanjut dengan diskusi ringan tentang bagaimana agar informasi yang disampaikan ini bisa cepat diperoleh oleh rekan media agar bisa segera dipublikasikan, tentang program apa yang bisa membantu memasifkan informasi dan mudah dijangkau oleh masyarakat, hingga tersedianya big data kepakaran guru besar yang ada di UM.

Pewarta: Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM.