image_pdf

Malang. Setelah satu bulan berlalu, kegiatan sertifikasi tes psikologi bagi konselor pendidikan tahun 2019 yang diadakan oleh Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM) resmi ditutup oleh Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd pada Rabu (22/05). Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh peserta sertifikasi ini dilangsungkan di aula gedung H3 Pascasarjana tepat pukul 16.00 WIB.

Dr. Carolina L. Radjah M.Kes, pembacaan Surat Keputusan kepada peserta setelah mengikuti rangkaian pelatihan dan sertifikasi tes psikologi selama satu bulan di UM. “Dua puluh empat peserta yang berasal dari 10 provinsi yakni Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Kalimantan Selatan, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banda Aceh dan Nusa Tenggara Timur,” ujar.

Beliau menambahkan bahwa 24 peserta tersebut berasal dari jenjang yang berbeda yaitu 1 konselor TK, 2 konselor SMP, 2 konselor SMA, 1 konselor SMK, 14 onselor universitas, 1 konselor swasta dan 1 konselor dari mahasiswa pascasarjana UM.

Setelah pembacaan SK, dilakukan penyerahan sertifikat keahlian testing untuk konselor pendidikan secara simbolis yang diwakili oleh dua peserta. Selanjutnya penandatanganan naskah kerjasama penelitian dan pengembangan tes dan alat-alat assessmen psikologi untuk konselor pendidikan antara IIBKIN dan pemangku sertifikat testing untuk konselor pendidikan. Dilanjutkan dengan pembacaan ikrar lafal janji pemegang sertifikat keahlian testing untuk konselor pendidikan dan penandatanganan naskah lafal janji.

“Sertifikasi yang telah dijalani selama satu bulan ini semoga bisa bisa bermanfaat dan dipraktikkan dengan baik dalam kehidupan masyarakat baik untuk keperluan seleksi maupun assesmen,” pesan Rektor UM sebelum menutup acara secara resmi.

Pewarta : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM