image_pdf
Kepala Sub Direktorat Pemeringkatan Direktorat DIPHK UM, Utomo Pujianto, S.Kom., M.Kom.

UM (Universitas Negeri Malang) masuk dalam Top 20 Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik versi THE Impact Rankings 2023. Hal ini berdasarkan rilis Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) tanggal 6 Juni 2023.

Indikator penilaian THE Impact Rankings 2023 menggunakan 17 poin Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) untuk menilai kinerja perguruan tinggi yang meliputi bidang research (penelitian), stewardship (penatalayanan), outreach (menjangkau) dan teaching (pengajaran).

Menanggapi capaian ini, Kepala Sub Direktorat Pemeringkatan Direktorat DIPHK UM, Utomo Pujianto, S.Kom., M.Kom., mengungkapkan bahwa hasil tersebut merupakan sebagian dari bukti komitmen UM untuk memberikan dukungan sebaik-baiknya dalam rangka pencapaian SDGs baik di lingkup nasional maupun internasional.

“Berbagai aktivitas tridharma di lingkungan UM diusahakan untuk selalu dapat mengakomodasi agenda-agenda yang mendukung pencapaian SDGs,” jelas Utomo Pujianto, S.Kom., M.Kom.

Lebih lanjut Dosen Teknik Informatika FT UM ini menyampaikan harapannya di masa mendatang.

“Di masa mendatang diharapkan keterlibatan dan peran serta UM dalam aktivitas berorientasi SDGs dapat memberikan dampak yang lebih luas lagi bagi masyarakat yang diwujudkan dengan rekognisi yang semakin baik dari tahun ke tahun,” harapnya.

Posisi UM peringkat 16 secara nasional dan peringkat 601-800 dunia. Dengan sinergi seluruh Sivitas, semoga kedepannya UM dapat meningkatkan kontribusi, sehingga manfaat yang diberikan akan semakin luas dan kesejahteraan masyarakat global dapat tercapai.

Pewarta: Suhardi