image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) dengan tagline Excellence In Learning Innovation selalu mengambil peran untuk menjadi tempat belajar dan inspirator pembelajaran bagi mahasiswa, dosen, karyawan, tenaga fungsional, serta segala lapisan masyarakat. Kali ini, UM berkesempatan menjadi tuan rumah pada acara seminar dan call paper yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (APG PAUD) Indonesia. Acara ini  diselenggarakan secara hybrid, luring bertempat di Aula Gedung Kuliah Bersama (GKB) A20 lantai 9 secara dan daring melalui zoom meeting secara daring pada Jumat-Minggu, (24-26/06/2022).

Acara APG PAUD ini merupakan serangkaian acara yang terdiri dari Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas), Seminar Nasional (Semnas), dan Edutour oleh APG PAUD dan program studi S1, S2, dan S3 PAUD se-Indonesia. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Reorientasi PG PAUD dan Revitalisasi Peran Guru dalam Perspektif Merdeka Bermain Anak Usia Dini di Era Digital Abad 21”. Acara ini merupakan acara luring yang pertama kali diadakan setelah hampir tiga tahun pandemi melanda.

Sekretaris Umum APG PAUD, Prof. Dr. Rachma Hasibuan, M.Kes., menyampaikan bahwa acara ini adalah acara luring pertama kali setelah pandemi covid-19 melanda. “Sebagai wakil APG, saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya terhadap semua jajaran yang berada di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UM , baik dosen, karyawan, maupun mahasiswa yang telah bersama-sama menyukseskan acara ini. Anggota APG PAUD saat ini yang sudah mendaftar tercatat sekitar 139 prodi seluruh Indonesia baik dari S1 PG PAUD, S2 PAUD, dan S3 PAUD dengan anggota sampai bulan Juli sejumlah 867 dosen seluruh Indonesia,” ujarnya. 

Ditambahkannya, “dengan melihat jumlah yang demikian besar, ini akan menjadi kekuatan bagi prodi PG PAUD untuk bersatu bersama-sama seperti lirik mars PG PAUD yang telah kita dengarkan. Menjadikan alumni, kita lebih profesional dan memperjuangkan prodi kita sehingga memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidang kePAUDan. Poin penting lainnya, agar pemerintah pusat dan daerah lebih memperhatikan nasib alumni,” terang Prof. Dr. Rachma Hasibuan, M.Kes.

Dekan FIP UM Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd., membuka secara resmi kegiatan ini yang ditandai dengan pemukulan gong. “Melalui acara ini banyak yang dihasilkan terutama dalam pengembangan prodi kita, baik pengembangan kurikulum, terkait merdeka belajar, maupun beberapa hal terkait studi. Butuh kerja sama baik antara prodi PAUD seluruh Indonesia baik negeri maupun swasta sehingga nantinya bisa bersinergi untuk bisa melaksanakan program-program khususnya untuk Tri Dharma Perguruan Tinggi dan prodi PG PAUD Indonesia,” ucap Dekan FIP. 

Dr. H. Ahmad Samawi, M.Hum., selaku ketua pelaksana, menyampaikan, harapan terselenggaranya acara ini dapat merekomendasikan perkembangan PG PAUD se-Indonesia. Selain itu, dapat memberikan dampak pada peningkatan kualitas pembelajaran dan menyiapkan calon guru melalui pendidikan anak usia dini. “Jadi, dengan terselenggaranya acara ini implikasinya dapat terjadi peningkatan kualitas. Selain itu, akan terdapat dialog antar prodi dan musyawarah untuk merumuskan perkembangan PAUD kedepannya. Sebagai sarana menjalin komunikasi dan mempererat kekeluargaan antar prodi, diharapkan sebagai asosiasi bisa saling kenal mengenal dan hadirlah edutour yang menjadi serangkaian acara ini,” jelas ketua pelaksana.

Dalam kesempatan yang sama, wakil ketua pelaksana, Dr. Pramono, S.Pd, M.Or., berharap acara ini dapat menjembatani kerja sama antar PG PAUD se-Indonesia. Di samping itu, akan terjadi MoU kerja sama antar perguruan tinggi seperti pertukaran mahasiswa, penelitian, dan pengabdian bersama. “Di samping MoU, dari masing-masing prodi akan saling tukar informasi baik pengembangan jurnal dari masing-masing prodi. Selain itu, bisa bekerja sama dalam saling bertukar reviewer, artikel tulisan jurnal, dan narasumber. Acara ini juga akan memberikan penyamaan persepsi untuk kemajuan kurikulum PG PAUD,” pungkas Dr. Pramono, S.Pd, M.Or.

Pewarta    : Luthfi Maulida – Internship Humas UM