image_pdf

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) menjadi tuan rumah dalam kegiatan Seleksi daerah (Selekda) yang diadakan Bapomi Jawa Timur 2019 cabang olahraga Cricket, Bola Voli Pasir dan Gulat. Pembukaan tiga cabang olahraga tersebut dilaksanakan di lapangan tenis UM pada Sabtu (20/07). Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UM, Dr. Sapto Adi, M.Kes mewakili Rektor UM membuka kegiatan tersebut.

Ketua pelaksana, Dr. Dr. Moch. Yunus, M.Kes, menjelaskan bahwa tiga cabang olahraga ini diikuti oleh beberapa universitas di Jawa Timur. “Untuk cabang Gulat, diikuti oleh tiga universitas yaitu Universitas Hang Tuah, Universitas Negeri Surabaya dan Universitas Negeri Malang. Cabang Bola Voli Pasir diikuti oleh Universitas Wiraraja Sumenep, UNESA, dan UM. Sedangkan cabang Cricket diikuti oleh STIKIP Jombang, UNESA, dan UM,” rincinya.

Pelaksanaan Selekda ini merupakan ajang awal untuk kegiatan POMNAS pada level Nasional. Selanjutnya terdapat ajang dengan rayon tertinggi yakni POM Asia. “Pada Selekda ini diharapkan performen setiap atlet adalah performen yang terbaik. Sehingga bisa membawa nama baik Jawa Timur di kancah nasional nantinya. Target Bapomi tahun ini adalah meningkatkan peringkat Jatim yang sebelumnya di Pomnas Makassar adalah peringkat 5 menjadi peringkat 2 seperti tahun-tahun sebelumnya,” harap Ketua I Bapomi, Dr. Supriyadi, M.Kes.

POMNAS diadakan di Jakarta pada bulan September mendatang akan menggelar 25 cabang olahraga, padahal tahun sebelumnya hanya 12 cabang olahraga yang dipertandingkan. “Ini merupakan tantangan bagi Bapomi dan juga para atlet, peningkatan jumlah cabang olahraga yang signifikan ini harus kita persiapkan dengan matang bersama-sama,” jelas Supriyadi.

“Kami berharap kalian sudah mempersiapkan diri dengan baik, karena yang terbaik adalah mereka yang mempersiapkan diri, berlatih dengan baik, serius, disiplin, sistematis dan teratur. Selamat Berkompetisi, selamat bertanding, lakukan dengan baik dan sportif,” pesan Dekan FIK UM sebelum membuka kegiatan secara resmi.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Abdul Fattah – Internship Humas UM