image_pdf
Prof. Dr. Puji Handayati, S.E.Ak, M.M., CA, CMA, (dua dari kiri) memberikan sambutan dan arahan terkait penyusunan RKAT 2025

Malang— Dalam upaya meningkatkan pengelolaan aset dan keuangan, Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan Sosialisasi Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) Aset Tahun 2025. Acara yang berlangsung pada Senin (23/9) di Aula lantai 9 Gedung Kuliah Bersama (GKB) A19 ini, dihadiri oleh para pejabat UM dan bertujuan memberikan pedoman serta arah kebijakan terkait penyusunan RKAT Aset untuk tahun 2025.

Wakil Rektor II, Prof. Dr. Puji Handayati, S.E.Ak., M.M., CA., CMA., dalam sambutannya menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam perencanaan anggaran. “Penyusunan RKAT harus mendukung visi dan misi UM sebagai kampus unggul, baik di tingkat nasional maupun internasional,” jelasnya.

Prof. Puji juga mengingatkan bahwa RKAT tidak hanya soal memenuhi kebutuhan operasional, tetapi juga merupakan bagian dari strategi besar untuk memajukan Universitas. “Kami berharap bapak dan ibu mengikuti SOP yang telah disusun oleh tim perencana. Partisipasi seluruh hadirin sangat penting dalam mewujudkan mimpi besar kemajuan UM,” ungkapnya.

Sesi utama sosialisasi dipimpin oleh Prof. Dr. Sunaryono, S.Pd., M.Si., Direktur Sarana, Prasarana, dan Aset, yang memaparkan rincian teknis penyusunan RKAT Aset. Ia menekankan pentingnya perencanaan yang matang agar aset UM dapat dikelola secara optimal dan mendukung kegiatan akademik maupun non-akademik.

“Saya berharap teman-teman fakultas dapat mempresentasikan hasil penyusunan ini pada akhir Oktober, setelah melakukan briefing yang sudah dijadwalkan,” tegas Prof. Sunaryono.

Selain pemaparan teknis, acara ini juga membuka ruang diskusi bagi peserta untuk menyampaikan masukan atau pertanyaan terkait proses penyusunan anggaran. Sosialisasi ini diharapkan mampu menjadi landasan penyusunan anggaran yang lebih akurat dan terukur, mendukung kemajuan UM dalam menghadapi tantangan di dunia pendidikan yang semakin kompetitif.

Sosialisasi tersebut juga berkaitan dengan upaya mencapai Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya tujuan ke-4 terkait peningkatan kualitas pendidikan dan pengelolaan sumber daya secara berkelanjutan.

Pawarta: Afgian Gala Mahiya Ikhsan – Internship Humas UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM