image_pdf

Selama rentang waktu 4-13 Juni 2022, Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan kunjungan ke sejumlah universitas di Mesir dan Turki sebagai bentuk perluasan kerja sama internasional. Beberapa universitas yang dikunjungi di antaranya, Suez Canal University di Mesir, Anadolu University, Eskisehir Technical University, dan Eskisehir Osmangazi University yang berada di Turki. Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd., memimpin langsung delegasi perwakilan UM yang terdiri dari Dekan Fakultas Sastra, Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana, Direktur Kantor Urusan Internasional (KUI), dan Kepala Departemen Sastra Arab.

Tujuan utama dari kunjungan ini adalah membuka gerbang kerja sama internasional di wilayah Timur seperti Asia,  Afrika Utara, dan Eropa Timur. Tidak melulu berfokus dengan kerja sama di wilayah Barat seperti USA dan Kanada. Bentuk kerja sama dengan Mesir dan Turki ini juga tidak hanya terbatas pada kajian Bahasa Arab dan kajian Islam. Ada beberapa bidang unggul yang masuk dalam kerja sama ini nantinya, di antaranya adalah bidang saintek, ilmu sosial, humaniora dan kedokteran.

Direktur KUI UM, Evi Eliyanah, S.S., M.A., Ph.D., saat ditanya perihal pemilihan negara Mesir dan Turki sebagai tujuan kerja sama kali ini, menjelaskan bahwa selama ini, asumsi yang berkembang adalah kerjasama internasional berkiblat pada Barat, seperti USA, Kanada, dan Eropa. “Kami ingin membuka horison kerjasama dengan Timur, termasuk Asia, Afrika Utara, Eropa Timur. Turki ini secara region menarik karena dia berada di Eropa dan Asia. Ada banyak hal yang bisa kita pelajari bersama baik dengan Mesir dan Turki. Di Mesir, kita ternyata bisa mengembangkan kerjasama di luar Bahasa Arab dan Kajian Islam. Beberapa universitas di Mesir juga kuat dalam bidang Saintek, Ilmu Sosial, Humaniora dan Kedokteran,” papar Direktur KUI UM. 

“Dengan arahan dan fasilitas baik dari KBRI Kairo maupun Ankara, kami bisa mengembangkan kerjasama pertukaran mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pada Sekolah Indonesia Kairo yang berada di bawah naungan KBRI Kairo, UM juga berencana untuk mengirimkan mahasiswa untuk KPL Kependidikan dan dosen untuk pengabdian kepada masyarakat,” sambung beliau.

Beberapa tindak lanjut dari kunjungan ini adalah pembaruan MoU dengan Anadolu University, penandatanganan MoU dengan Eskisehir Osmangazi University, Eskisehir Technical University, dan Suez Canal University. Selain itu juga dilakukan diskusi lebih intensif tentang rencana program Erasmus dengan ketiga universitas di Turki, melaksanakan program mobilitas fisik dan virtual, serta merancang kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk masyarakat Indonesia yang ada di Mesir dan juga calon mahasiswa Indonesia yang akan berangkat ke Mesir.

Pewarta: Malichatus Sa’diyah – Internship Humas UM