image_pdf
Universitas Negeri Malang (UM) bahas kerja sama dengan PT. Nipsea Paint and Chemicals (Nippon Paint)  untuk tingkatkan kualitas sumber daya mahasiswa di UM

Universitas Negeri Malang (UM) rencanakan kerja sama dengan PT. Nipsea Paint and Chemicals (Nippon Paint)  untuk tingkatkan kualitas sumber daya mahasiswa di UM. Kegiatan ini dilakukan pada Selasa (24/01) di Ruang Sidang Senat, Gedung Graha Rektorat UM lantai 9. Acara dihadiri oleh Rektor UM, para Wakil Rektor, para Dekan, para Direktur dan Ketua berbagai Unsur Pelaksana Teknis (UPT) di UM.

Kepala UPT Laboratorium Terpadu UM, Prof. Hadi Nur, Ph.D., jelaskan kerja sama dengan Nippon Paint ini dilakukan untuk meraih tujuan dalam dua aspek, yaitu di bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat. Di bidang pendidikan, Prof. Hadi melihat adanya potensi dari mahasiswa untuk melakukan kegiatan magang di perusahaan Nippon Paint.

“Kami dari FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) UM sudah pernah mengunjungi kantor Nippon Paint di Gresik dan sudah merencanakan kegiatan magang ini sejak lama. Harapannya nanti dengan pengalaman magangnya, mahasiswa UM setelah lulus tidak kesusahan mencari pekerjaan. Mungkin bisa melanjutkan karirnya di Nippon Paint juga,” tambah pria asal Malaysia tersebut.

Aspek yang kedua berfokus kepada pengabdian masyarakat oleh mahasiswa UM. Kegiatan ini direncanakan akan berfokus kepada mahasiswa UM dari Fakultas Sastra yang berkutat di bidang desain. “Ada peluang untuk memanfaatkan program dari Nippon Paint untuk mengembangkan desainer-desainer grafis muda Indonesia di UM,” ucapnya.

Melanjutkan hal tersebut, Dekan FMIPA UM, Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si., menambahkan bahwa kerja sama ini juga dapat meningkatkan peluang mahasiswa untuk berwirausaha. Beliau menilai manajemen bisnis Nippon Paint adalah contoh yang baik bagi mahasiswa untuk mengelola sebuah usaha.

“Kami ingin mindset mahasiswa UM itu tidak hanya sebagai pegawai, namun juga sebagai pencipta lapangan kerja. Hal ini dapat menjadi langkah awal bagi para mahasiswa untuk menjadi wirausahawan hebat di Indonesia,” tutur Dekan FMIPA.

Ass. General Manager PT. Nipsea Paint and Chemicals Gresik, Wirya Atmaja menyambut ajakan kerja sama UM dengan tangan terbuka. Wirya menilai kerja sama ini perlu dilakukan untuk mencegah lulusan baru memiliki kestabilan diri yang minim. “Kebanyakan lulusan baru tidak berusaha mencari pekerjaan yang terbaik, namun fokus mencari jabatan yang diinginkan. Akhirnya kami kesulitan mendapatkan pekerja yang berkualitas. Oleh karena itu, kami bersedia memberikan wadah bagi mahasiswa UM untuk mengembangkan diri di sini,” ujarnya.

Selain mempersiapkan mahasiswa untuk siap di dunia kerja, Nippon Paint memiliki tujuan yang sama dengan UM dalam bidang pengabdian masyarakat. Wirya berharap dapat melakukan kolaborasi untuk mewujudkan ide-ide kreatif dari mahasiswa UM demi kesejahteraan masyarakat.

“Kami memang sudah lama mencari universitas yang bisa kami ajak untuk menjalin kerja sama. Terima kasih atas undangannya, mari kita usahakan apa saja yang bisa dilakukan demi pengembangan perusahaan kami, UM, maupun masyarakat,” pungkas Wirya.

Pewarta: Nawal Kamilah Ismail – Internship Humas UM