image_pdf

Malang- Wakil Rektor IV Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd. menyambut hangat kunjungan Before Babel Brigade (BBB) Korea di Universitas Negeri Malang (UM). Kunjungan yang bertujuan untuk membahas kerja sama antara kedua belah pihak ini dilaksanakan di Ruang Rapat Gedung Graha Rektorat Lt. III. Kerja sama yang akan diajukan oleh pihak BBB Korea kepada UM ialah pendirian pusat bahasa dan budaya Korea. Pada rapat tersebut juga dibahas mengenai lokasi yang akan dijadikan tempat pusat bahasa dan budaya Korea tersebut. Lokasi tersebut memiliki beberapa opsi yakni, lokasi di Jl. Bogor, Gedung bekas FIK, dan Gedung bekas PPG (25/06).

Evi Eliyanah, S.S., M.A. selaku direktur Hubungan Internasional (HI) UM juga turut menyambut hangat kunjungan BBB Korea ke UM, sekaligus menjadi penghubung antara kedua belah pihak dalam pembahasan kerja sama tersebut. BBB Korea yang disponsori oleh KT&G telah mendirikan Lembaga Bahasa Korea KT&G di Jakarta ini mengajukan kerja sama dengan UM dalam kurun waktu kurang lebih tiga tahun ke depan. Sebelum itu, WR IV Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd. memberikan arahan terkait bentuk kerja sama yang dapat diterima UM. Beliau menjelaskan “Bentuk kerja sama ini harus jelas, pihak BBB Korea menawarkan apa saja kepada UM agar saya menyampaikan kepada Bapak Rektor UM lebih mudah dan dapat terealisasi bentuk kerja sama ini”, terangnya.

Selain itu, beliau juga menambahkan “Bentuk kerja sama harus jelas, tujuannya apa?, programnya seperti apa?, siapa yang akan dilayani?. Jangan sampai, nyuwun sewu yang dilayani lebih banyak dari kalangan luar bukan dari kalangan UM”, tambahnya. Beliau juga menghimbau agar rapat kerja sama ini berjalan dengan baik agar terjalin kerja sama yang baik dan saling menguntungkan kedua belah pihak.

Tidak hanya itu, WR IV juga berharap agar ke depannya UM menjadi center bahasa di Malang dengan terwujudnya bentuk kerja sama ini dengan berbagai pihak. Beliau juga berharap agar nantinya pusat bahasa dan budaya Korea ini berkembang seperti halnya pusat bahasa mandarin UM.

Pewarta           : Salsabila Indana Zulfa-Internship Humas UM