image_pdf

Malang. Dalam rangka menyiapkan civitas akademika yang memiliki integritas tinggi dengan kepribadian yang unggul dan bertanggungjawab, Universitas Negeri Malang (UM) melalui Sub Bagian Kepegawaian menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (DIklat) prajabatan, khususnya bagi dosen tetap non PNS, yang dikemas dalam bentuk Diklat Prajabatan Dosen Tetap Non PNS UM. Diklat prajabatan ini dilaksanakan dalam dua gelombang, gelombang pertama diselenggarakan pada 27 – 30 Maret 2019 dan gelombang dua diselenggarakan pada tanggal 4 – 7 April 2019 bertempat di Aula LP3 Gedung H7 dan H8 UM mulai pukul 07.00 – 17.00WIB setiap harinya.

Diklat Prajabatan Dosen Tetap Non PNS UM tahun 2019 ini mengacu pada Peraturan Rektor UM nomor 14 Tahun 2017 tentang Dosen Tetap Non PNS UM yang menyebutkan bahwa Dosen UM harus mampu menjalankan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan masyarakat. Calon dosen UM wajib mengikuti proses Diklat Prajabatan untuk membangun integritas, moral, kejujuran, motivasi, nasionalisme, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggungjawab sebagai civitas akademika UM.

Penyelenggaran diklat ini dilaksanakan dengan memadukan pembelajaran klasikal dan non klasikal sehingga peserta Diklat Prajabatan mampu menginternalisasi, menerapkan, mengaktualisasikan dan menjadikannya sebuah kebiasaan dan merasakan manfaatnya sehingga terpatri dalam dirinya sebagai karakter dosen tetap UM.

Selain itu Diklat Prajabatan ini menggunakan sistem pembelajaran online (SIPEJAR). Berdasarkan kebutuhan tersebut, penyelenggaraan Diklat Prajabatan Calon Dosen Tetap UM harus dilaksanakan sesuai tuntutan dan perkembangan dinamika tuntutan jabatan dan memberikan penguatan yang positif terhadap pembentukan karakter sebagai dosen tetap UM.

Kompetensi yang dibangun dalam Diklat Prajabatan Calon Dosen Tetap UM ini adalah kompetensi  Dosen Tetap UM sebagai pelayan masyarakat yang profesional, yang diindikasikan dengan kemampuan menunjukkan sikap perilaku dan disiplin dosen tetap UM, dapat mengaktualisasikan nilai-nilai dasar dosen tetap UM dalam pelaksanaan tugas jabatannya; mengaktualisasikan kedudukan dan peran dosen tetap UM dalam lingkungan UM; dan, Menunjukkan penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai bidang tugas.

Hadir dalam pembukaan Diklat Prajabatan UM Tahun 2019 Wakil Rektor I UM Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si, Wakil Rektor II UM Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd. yang didampingi oleh Sekretaris LP3 Dr. Hardika, M.Pd.,  Para Dekan Fakultas, Kepala Biro UK, dan Kabag Kepegawaaian UM.

Dr. Hardika dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakah hasil pemikiran para pimpinan dan pakar dengan niat baik untuk menyiapkan juga membekali salah satu elemen penting di UM yaitu dosen. “Beberapa karakteristik dosen yang kita kenal ada dosen ASN, dalam perkembangannya terdapat dosen tetap non PNS, dosen luar biasa, dosen tidak tetap, dll. Satu hal yang kita pahami dari dosen-dossen tetap non-PNS adalah memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan dosen ASN. Berlarilah, bekerjalah, belajarlah dan bercita-cita setinggi-tingginya sekalipun membidik sebagai rektor, anda memiliki hak tersebut,”ujarnya.

“Tahun ini UM menyelenggarakan penguatan bagi dosen tetap non PNS melalui diklat prajabatan ini. Ada sembilan materi yang telah ditulis oleh para pakar dan expert yang dimiliki oleh UM dan mencerminkan penguatan kapasitas dan kapabilitas dosen. Sembilan materi tersebut diantaranya adalah pembentukan karakter, UM dalam perspektif dulu kini dan akan datang, ketiga pengembangan karir dosen, Tri Dharma perguruan tinggi, kepemimpinan akademik di era revolusi industri 4.0, kelembagaan perguruan tinggi, wawasan kebangsaan dan nasionalisme, pelayanan publik, dan terakhir materi tentang etika kehidupan kampus,”jelasnya.

“Sembilan materi ini nantinya akan disampaikan oleh 36 orang instruktur yang terpilih dan dibagi dalam tiga kelas. Rencana kegiatan diklat ini diikuti oleh 180 dosen, yang terbagi dalam dua gelombang. Diklat ini akan diisi tim instruktur dengan durasi 50 jam pelatihan mulai dari jam 07.00 – 17.00. Penilaian keberhasilan diklat ini ditentukan dari penilaian sejawat, penilaian instruktur, dan kinerja dalam mengikuti diklat. Saya berharap dengan dilaksanakannya diklat ini para dosen muda ini dapat berjalan dengan baik, menjalani tugas dan tangungjawab dengan baik, mencapai cita-cita yang diinginkan dan tentunya krasan menjalankan kewajibannya di UM,”terangnya.

Sementara itu dalam pembukaan secara resmi diklat ini Prof. Budi menyampaikan bahwa Diklat ini akan memberikan wawasan yang luas kepada seluruh dosen tetap non PNS tentang visi misi UM mendatang. “Diklat ini diadakan agar saudara memahami korp bisnis kita yang ada di UM, begitu pula tugas saudara apa yang harus dilakukan di masing-masing fakultas. Saudaradiharapkan dapat memberikan kontribusi positif yang riil kepada perkembangan UM tercinta,”ujarnya mengawalai sambutan.

“Saya berharap dalam sanubari saudara semua sudah menetapkan pilihan untuk mengabdikan diri di UM, untuk karir saudara mendatang hingga masa pensiun. Bagi saudara yang jiwanya terpatri di UM saya berharap dapat memberikan harapan dan komitmen yang tinggi kepada UM. Setelah selesainya diklat prajabatan ini diharapkan saudara dapat mendapatkan jabatan, seperti dari tenaga pengajar ke asisten ahli. Setelah memperoleh jabatan ini, saudara akan diajukan untuk sertifikasi, baik yang PNS maupun Non PNS semuanya akan diajukan juga untuk memperoleh tunjangan profesi,”paparnya.

Pewarta: Kautsar S.