image_pdf

Malang. Kafilah Universitas Negeri Malang (UM) siap berlaga dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQ MN) ke-XVI yang akan dilaksanakan di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh selama satu pekan dari tanggal 28 Juli hingga 04 Agustus mendatang. Rektor UM, Prof. Dr. H. Ah. Rofiuddin, M.Pd melepas kafilah UM secara resmi pada Kamis (25/07) di Aula Utama Graha Rektorat UM. Secara kompak, kafilah UM menyatakan salam 4 jari yang bermakna kafilah UM siap mempertahankan gelar Juara Umum UM selama 4 kali berturut-turut pada pelaksanaan MTQ MN tahun ini.

Moh. Fauzan, M.Pd.I, selaku ketua Satgas Kafilah menjelaskan bahwa kafilah UM terdiri dari 35 orang yang berasal dari berbagi fakultas. Para kafilah merupakan orang-orang terpilih, potensi-potensi terbaik yang dimiliki oleh UM setelah melalui seleksi yang sangat ketat. Proses seleksi dan pembinaan yang dijalani menghabiskan waktu selama 5 bulan. Mayoritas dari mereka merupakan alumnus dari juara-juara MTQ Mahasiswa Regional Jawa Timur yang diadakan di Universitas Jember pada tahun 2018.

“MTQ MN yang diadakan di Unsyiah tahun ini diikuti oleh 230 perguruan tinggi se-Indonesia dengan 2.489 peserta. Terdapat dua cabang musabaqoh tambahan yakni kaligrafi kotemporer dan pembacaan maulid,” tambahnya.

Universitas Negeri Malang (UM) telah menyandang gelar sebagai juara umum dalam tiga kali pelaksanaan MTQ MN secara berturut-turut di tahun sebelumnya. Diantaranya pelaksanaan MTQ MN ke-XIII di Universitas Negeri Padang, MTQ MN ke-XIV di Universitas Indonesia dan MTQ MN ke-XV yang dilaksanakan di Universitas Negeri Malang. Hal ini membuat kafilah UM harus berjuang lebih keras, karena cita cita UM dalam pelaksanaan MTQ MN tahun ini adalah mempertahankan gelar juara umum tersebut.

“Mempertahankan juara umum itu memang tidak mudah, usaha dhohir maupun bathin sudah kita tunaikan. Hasilnya mari kita serahkan kepada Tuhan, tawakkal kepada-Nya. Mohon doa dan dukungannya para civitas UM untuk kafilah. Selamat Jalan, kami tunggu kabar baiknya dari Banda Aceh dan Selamat berjuang,”  pesan Rektor UM dalam sambutannya.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM