image_pdf
Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd dan rombongan anggota rapat pimpinan UM saat meninjau Kampus PP III UM di Kota Blitar

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) tidak pernah berhenti dalam upayanya untuk memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik kepada masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan rencana pembukaan perkuliahan pascasarjana untuk semua jurusan di PP (Pelaksana Program) III Blitar atau biasa disebut dengan kampus III UM. Maka dari itu, untuk melancarkan rencananya tersebut Para Pimpinan UM didampingi dengan jajaran pimpinan di linkungan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan PP III Blitar, Satgas Covid-19 Kota Blitar dan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar melakukan kunjungan ke PP III Blitar secara langsung pada Jum`at (29/10) dengan tujuan meninjau langsung kesiapan sarana dan prasarana yang ada disana guna kesiapan untuk membuka perkuliahan Pascasarjana disana.

Acara yang secara garis besar berisi rapat dan menyaksikan langsung sarana prasarana di PP III Blitar ini dipimpin langsung oleh Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd., yang mengatakan bahwa agenda utama dari kunjungan ini adalah memastikan fasilitas yang ada disini. “Sudah lama sekali saya tidak mengunjungi kampus III UM dan hari ini agenda kita adalah mengoptimalkan kampus kita untuk beberapa prodi program pascasarjana, maka dari itu kita mau melihat sarana prasananya seperti apa agar semester genap kita bisa memulai perkuliahannya. Hal ini tidak lain adalah untuk pengembangan UM agar lebih jauh dan maju lagi,” ungkapnya.

Menurut Dekan FIP, Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd.,yang melatar belakangi adanya rencana ini adalah untuk memenuhi permintaan masyarakat akan kebutuhan akademik dan melanjutkan studi. “yang mendorong dan menjadi latar belakang adanya rencana ini adalah banyak masyarakat yang meminta agar membuka kelas perkuliahan pascasarjana di Blitar agar masyarakat dan akademisi bisa melanjutkan studi sesuai dengan bidangnya dan kebetulan fasilitas disini masih memenuhi, maka dari itu kami melakukan tindak lanjut,” ujarnya.

Ditemui di akhir acara, Wakil Rektor IV UM, Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd., bahwa rencana ini akan segera dibahas dan paling akhir keluar keputusan adalah 2 minggu setelah melakukan kunjungan ini. “untuk tindak lanjut dan keputusan dari kunjungan ini paling lambat akan dikeluarkan pada minggu kedua bulan November mendatang. Karena semua Dekan Fakultas sangat mendukung adanya rencana ini, namun untuk fakultas dan jurusan yang akan dibuka masih di analisis agar efektif dan efisien. Sekarang fokus pada pembenahan sarana prasarana, seperti menambah 6 ruang perkuliahan baru, memperindah taman dan mengembangkan perpustakaan digital serta rekrutmen dosen baru, sehingga awal tahun 2022 nanti  bisa digunakan kuliah,” pungkasnya.

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM.