image_pdf
Pemateri menyampaikan materi sosialisasi

Malang. Tim Pengabdian kepada Masyarakat (Pengmas) Universitas Negeri Malang yang diketuai oleh Lucky Radita A, S.KM., MPH sukses menyelenggarakan sosialisasi “Peningkatan Quality Of Life Pekerja Pemungut dan Pemilah Sampah”. Sosialisasi yang dilaksanakan Jumat, (02/08/2019) di Aula Tempat Penampungan Sampah Terpadu Reduce Reuse Recycle (TPST 3R) Mulyoagung Bersatu Dau Kabupaten Malang.

TPST 3R Mulyoagung Bersatu Dau merupakan salah satu TPS di Kabupaten Malang yang menampung berbagai macam sampah dari masyarakat di sekitar Kecamatan Dau sebelum diangkut ke Tempat Penampungan Akhir (TPA) Talangagung Kepanjen. Kegiatan pengelolaan sampah yang dilakukan pekerja pengumpul dan pemilahan sampah, mempunyai potensi terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja terlebih jika pelaksanaan Kesehatan dan Keselamatan kerja (K3) belum dilakukan sesuai standar.

Pendampingan peserta

Dari hasil observasi diketahui bahwa risiko kecelakaan atau cedera yang dialami perkerja masih tergolong ringan, hal ini terjadi karena masih terdapat pekerja yang belum melakukan aktivitas pekerjaannya secara aman contohnya tidak memakai Alat Pelindung Diri (APD). Oleh karena itulah sosialisasi ini diselenggaran agar perkerja memahami akan pentingnya praktik K3 termasuk pemakaian APD pada setiap proses pengelolaan sampah. Kegiatan pengabian kepada masyarakat yang dihadiri oleh pekerja TPST 3R Mulyoagung Bersatu dibuka oleh ketua pengelola (Bapak Supadi), dilanjukan dengan sosialisasi pentingnya K3 dan APD oleh tim, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolik perlengkapan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dan seperangkat APD.

Mustiko Wiyono Widodo menyampaikan bahwa kegiatan ini penting untuk meningkatkan kepedulian kesehatan pekerja pengumpul dan pemilahan sampah TPST 3R Mulyoagung Bersatu.

Proses Pengelolaan sampah

“Sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat UM kepada para pekerja pengumpul dan pemilahan sampah. Karena dengan adanya sosialisasi K3 yang baik mampu meningkatkan kesehatan para pekerja di TPST 3R Mulyoagung Bersatu Dau Kabupaten Malang,” ujarnya.

Sosialisasi diakhiri dengan skrining kesehatan gratis yang meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, tekanan darah, kadar gula darah, asam urat dan kolesterol, serta konsultasi kesehatan dengan dokter. Skrining kesehatan merupakan salah satu praktik K3 untuk mendeteksi dini risiko penyakit akibat kerja pada pekerja. Kegiatan pengabdian ini mendapatkan respon postif dari ketua pengelola TPST 3R Mulyoagung Bersatu serta para pekerja karena selain mendapaatkan materi sosialisasi mereka juga dapat mendeteksi dini status kesehatannya secara cuma-cuma.

Pewarta: Mustiko Wiyono Widodo/Nuri Riskian – Internship Humas UM