image_pdf
Pembukaan Sosialisasi Rensbis

Malang. Mewujudkan visi menjadi perguruan tinggi unggul dan rujukan, Universitas Negeri Malang (UM) sosialisasikan hasil Rencana Stategi (Renstra) bisnis UM periode 2020-2024 kepada semua pimpinan tiap unit yang ada di UM dan berlangsung di Aula Perpustakaan Lt. 2 pada Jumat (8/11).

Renstra Bisnis ini merupakan pernyataan resmi UM yang menggariskan dan menentukan arah pengembangan universitas tahun 2020-2024 dan implementasi Rencana Induk Pengembangan (RIP) UM 2011-2030. Penyusunan Renstra Bisnis ini melibatkan berbagai pihak karena digunakan sebagai pedoman dan menyatukan pandangan segenap sivitas akademik UM dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab bersama masa depan dalam membangun UM ke depan. Dalam Renstra Bisnis juga menjabarkan visi operasional kepemimpinan UM periode 2020-2024.

Penyampaian Renstra Bisnis Oleh WR 4

Dalam sambutannya WR IV, Prof. Dr, Ibrahim Bafadal, M. Pd. menyampaikan harapanya pelaksanaan renstra bisnis, “Setelah selesainya Renstra Bisnis ini, kami mengharapkan Bapak dan Ibu menyusun Renstra di unitnya masing-masing. Rencana merupakan salah satu fungsi organik, jika satu fungsi ini tidak dikerjakan maka tunggulah kehancurannya. Perencanaan merupakan fungsi yang harus ada. Tidak boleh sebuah universitas, fakultas atau unit bekerja tanpa adanya perencana strategis. Mari kita sikapi renstra ini adalah fungsi organik yang harus kita susun bersama-sama. Renstra UM sudah selesai dan saat ini kita sosialisasikan. Setelah ini saya mohon Bapak/Ibu direktur untuk memimpin unitnya masing-masing dalam rangka menyusun renstra bisnis yang berlaku di unit kerja masing-masing.” jelasnya.

Menentukan stategi untuk lima tahun ke depan, UM merumuskan sasaran strategi yakni meningkatkan kualitas pembelajaran, penelitian, pengabdian masyarakat dan terselenggaranya tata pamong yang otonom, akuntabel, dan transparan.

Peserta Sosialisasi Renstra

Sementara capaian yang sudah diperoleh UM pada periode saat ini sebagaimana dijelaskan oleh Dr. Parlan, M.Si selaku ketua tim perencanaan, “Capaian UM dalam kurun waktu 2015-2019 dalam bidang pendidikan dan pembelajaran yaitu kualitas input mahasiswa yang lebih baik, tingginya minat calon mahasiswa  dan peningkatan jumlah mahasiswa asing. UM memiliki dosen berkualifikasi doktor yang berpangkat lektor kepala dan profesor, sedangkan dari sisi proses berbagai kegiatan telah dilakukan LP2M dalam upaya peningkatan kualitas maupun kuantitas penelitian.” tuturnya.

Pewarta           : Riska Febrianti – Internship Humas UM