image_pdf

Malang. Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kunjungi Universitas Negeri Malang (UM) untuk saling berbagi informasi demi kemajuan dan peningkatan kualitas kampus pendidikan di Indonesia. Kunjungan ini dipimpin oleh Wakil Rektor I UNJ, Dr. Achmad Ridwan, M.Si dengan 22 anggota termasuk para Wakil Dekan I UNJ.

Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si selaku Wakil Rektor I UM menyambut rombongan tersebut dengan hangat di Ruang Sidang Rektor, Graha Rektorat pada Senin (01/06). “Saya ucapkan selamat datang di kampus kami, saya merasa terhormat dapat menyambut rekan rekan rombongan dari UNJ. Tentunya dengan waktu yang sesingkat ini kita bisa maksimalkan apa yang bapak ibu kehendaki berkunjung kesini,” sambut Budi Eko Soetjipto saat membuka pertemuan tersebut.

Dr. Achmad Ridwan menjelaskan maksud kedatangan rombongannya ke UM yang tak lain adalah untuk berbagi informasi mengenai keakademikan, sistem IT dan beberapa hal mengenai penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri. Sebagai WR I yang menangani bidang keakademikan, Prof. Budi menjelaskan kurikulum UM transdisipliner yang khas.

Selain itu, pertanyaan dari rekan UNJ merambah pada sistem yang digunakan UM. Mahmuddin Yunus, S.Kom., M.Cs selaku ketua UPT PTIK UM dengan rinci menjelaskan Sistem Pembelajaran dalam Jaringan (Sipejar) yang digunakan mahasiswa dan dosen UM untuk melakukan kuliah online. Data dalam sipejar telah terintegrasi dengan data-data penting lainnya seperti Siakad dan lain lain. Sistem inilah yang menarik perhatian rekan UNJ lebih besar daripada hal sebelumnya. Hal ini terbukti dari semakin bertambahnya pertanyaan rekan UNJ mengenai sistem tersebut.

“Mudah-mudahan dari segi IT kami bisa melakukan perubahan-perubahan seperti di UM. Yang jelas kami harus akui bahwa sistem yang bapak kembangkan itu sudah didepan kami,” ujar Dr. Achmad Ridwan diakhir pertemuan kedua kampus pendidikan tersebut.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM