image_pdf

Malang. Citra sebagai kampus pendidikan yang unggul dan menjadi rujukan memang telah melekat dan menjadi ciri khas tersendiri bagi Universitas Negeri Malang (UM). Hal ini dapat dibuktikan dengan berkunjungnya mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ke UM pada Senin (4/1) dalam rangka studi banding model manajemen pembinaan kehidupan beragama di kampus UM. Bertempat di Aula Gedung A3 UM, sosialisasi yang diikuti oleh 141 mahasiswa UNJ ini disambut oleh bagian kemahasiswaan UM.

Dalam kegiatan ini hadir Drs. Taat Setyohadi selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Subur Hariono, S.Pd selaku Kasubag Pelayanan Kesejahteraan Mahasiswa. Melalui sambutan, ucapan terima kasih disampaikan sebagai bentuk apresiasi atas kepercayaan memilih UM sebagai salah satu kampus untuk studi banding. Kegiatan studi banding ini merupakan rangkaian dari program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dilakukan dengan adanya studi banding, salah satunya di UM.

Selain penyambutan oleh bagian kemahasiswaan UM, rombongan studi banding yang akan berlanjut ke Bali tersebut juga menerima sambutan hangat dari Unit Kegiatan Mahasiswa Alquran Study Club dan Badan Dakwah Masjid (UKM ASC dan BDM). Kehadiran perwakilan mahasiswa tersebut ditujukan untuk dapat saling berbagi tentang sistematika kegiatan keagamaan yang telah berjalan melalui UKM. Pengarahan lebih lengkap juga disampaikan oleh Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag, M.Fil. Dalam sambutannya, dosen jurusan Sastra Arab sekaligus Wakil Dekan III Fakultas Sastra UM tersebut membahas ketertarikannya terhadap jargon mahasiswa PAI UNJ yaitu “Lebih moderat makin Indonesia” yang juga menjadi perhatian khusus di kampus UM.

“Kami di UM melalui berbagai wadah, strategi, dan program berusaha untuk mengaplikasikan ideologi keagamaan yang moderat atau yang lebih dikenal dengan moderasi pemahaman agama, salah satunya yaitu dengan menggiatkan kegiatan yang tidak berorientasi politik,” ungkap beliau.

Peserta mengikuti pengarahan yang diberikan dengan antusias seiring dengan suasana yang ramah dan menyenangkan. Salah satu mahasiswa UNJ juga mengungkapkan manfaat dari diadakannya kunjungan tersebut, “Kita bisa mendapat ilmu baru dengan diadakannya kunjungan seperti ini dan bisa dapat pandangan bagaimana nanti ke depannya saat kita benar-benar terjun ke lapangannya,” jelas Vanny Ananda Putri,

Pewarta           : Andita Eka Wahyuni – Internship Humas UM