image_pdf

Malang. Creative Center Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar ajang bergengsi unjuk kreativitas mahasiswa dalam sebuah acara pameran merchandise pada Kamis (24/06). Bertempat di Ruang Creative Center FE UM kegiatan   dihadiri oleh Dekan FE beserta jajaranPara, Dewan Juri, Ketua Pelaksana, Ketua Creative Center dan perwakilan mahasiswa yang bertugas dalam acara dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pameran merchandise merupakan acara puncak dari lomba merchandise bagi mahasiswa FE yang dimulai sejak bulan April lalu. Juga sebagai salah satu bentuk sumbangsih FE untuk acara Dies Natalis UM ke-67.

Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan I FE, Dr. Agus Hermawan, GradDipMgt., M.Si., MBus., yang juga bertugas sebagai dewan juri. Tema yang digunakan dalam kegiatan ini bersifat bebas atau umum dengan syarat barang/merchandise tersebut bernilai jual dan mempresentasikan wajah UM dan FE. Peserta yang mengikuti event ini berasal dari mahasiswa FE mulai dari jenjang S1 hingga S3. “Semoga acara ini berjalan lancar dan memenuhi target, sehingga bisa dilaksanakan setiap tahun” ujar Dr. Agus.

Acara yang menjadi kegiatan pertama yang digelar di Creative Center FE UM ini bermula dari sebuah pemikiran Wakil Dekan II, Dr. Puji Handayati, S.E., M.M., Ak., CA, CMA., yang selalu bingung saat akan memberikan kenang-kenangan ketika mendapat tamu atau berkunjung ke tempat lain di luar UM. “Pameran merchandise ini merupakan hasil dari kegalauan kami kita berkunjung ke luar negeri. Kami selalu mencari menchandise sebagai bukti kita telah berkunjung kesana. Tapi kenapa kita sendiri tidak punya. Maka saya berinisiatif membuat event bagi mahasiswa untuk menunjukkan inovasi dan kreativitasnya dalam memproduksi merchandise. Karena saya yakin mahasiswa kita ini mampu dan luar biasa,” ucapnya.

Menurut Ketua Pelaksana, Arief N Zagladi ketika membacakan laporan kegiatan, jumlah peserta yang ikut dalam pameran sebanyak 152 mahasiwa. Jumlah ini menjadi salah satu indikator bahwa acara ini sukses karena antusias peserta jauh lebih banyak dari yang ditargetkan di awal, yakni hanyak 50 orang. “Jumlah peserta dalam acara pameran ini sebanyak 152 orang. Jumlah yang jauh dari prediksi awal kami ketika mengadakan acara, yakni hanya memprediksi 50 orang peserta. Tujuan adanya event ini  bukan hanya untuk mencari pemenang, tapi juga sebagai cara untuk bisa mendorong mahasiwa sebagai wirausaha/entrepreneur. Karena hasil produksi mereka akan kami bantu untuk memasarkan,” ungkapnya.

Dewan juri acara ini berasal dari internal dan eksternal. Juri internal berasal dari Dekan dan para Wakil Dekan FE UM, sedangkan juri eksternalnya berjumlah 3 orang, yakni Immanuel Ustradi Osijo, S.E., Owner Warung Kembang Turi Kota Batu, Dr. Ir. Kukuh Lukiyanto, S.T., M.M., Kosultan Entrepreneur PT. Muara Karya, dan Dra. Endang Dwi Wahyuni, M.Si., Owner CV Brawijaya Dairy Industri.

Ditemu di akhir acara, Ketua Creative Center FE UM, Dr. Ludi Wishnu W, M.M. berharap mahasiswa bisa lebih kreatif lagi dan bisa membantu membranding kualitas FE UM. “Saya Berharap adek-adek mahasiswa bisa lebih kreatif lagi dan merchandise yang telah dibuat ini bisa mewakili wajah FE UM di luar dan membantu membranding kualitas FE UM,” pungkasnya.

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM.