image_pdf
Jajaran Dekan, Senat, Rektor dan Wakil Rektor UM

Malang. Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 telah usai digelar oleh Universitas Negeri Malang (UM) pada Senin (11/11). Bertepatan di Lapangan Graha Rektorat UM, upacara bendera dipimpin langsung oleh Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin M.Pd serta dihadiri oleh seluruh civitas academika UM termasuk Mahasiswa Baru Bidikmisi Tahun 2019. Pada tahun 2019 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan tema untuk upacara peringatan Hari Pahlawan yaitu “Aku Pahlawan Masa Kini”. Tema nasional tersebut, jika didaratkan di kampus tercinta menjadi  “Aku Pahlawan UM Masa Kini”.

Pembacaan Undang-Undang Dasar 1945

Upacara dalam peringatan Hari Pahlawan hampir sama dengan upacara lainnya yang terdapat pengibaran bendera Sang Merah Putih, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan terdapat sambutan dari Rektor UM. Upacara tersebut juga dibantu oleh beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UM seperti UKM KSR PMI, MENWA 805, Marching Band UM, dan PSM

Dalam sambutannya, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin M.Pd mengutarakan tentang Hari Pahlawan dalam lingkungan UM

Peserta Upacara Bendera Hari Pahlawan 2019 Dari Fakultas Ekonomi

“Menjadi pahlawan UM masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga UM (dosen, tendik maupun mahasiswa) dalam bentuk aksi-aksi nyata pelaksanaan tridharma di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu, pengabdian kepada masyarakat, serta penguatan kapasitas kelembagaan”.

Pembacaan Kata-Kata Pahlawan

Lebih lanjut Rektor UM juga mengajak seluruh sivitas UM meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotism serta turut secara aktif merawat Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dengan mengenakan seragam batik Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) dan sebagian berseragam almamater UM, para peserta mengikuti upacara bendera peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 dengan khidmat dan tertib.

Pewarta : Riki Pratama-Internship Humas UM