image_pdf
Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin M.Pd Selaku Pembina Upacara

Malang. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 telah usai digelar oleh Universitas Negeri Malang (UM) pada Selasa (01/10). Bertempat di Lapangan Graha Rektorat UM, upacara bendera dipimpin langsung oleh Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin M.Pd serta dihadiri oleh seluruh civitas academica UM. Pada tahun 2019 ini, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi serentak mengusung tema “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”.

Terdapat perbedaan tata cara pada upacara bendera peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut, yakni inspektur upacara, Rektor UM tidak memberikan amanat kepada peserta upacara. Pembacaan sila-sila Pancasila pun tidak diikuti oleh peserta upacara. Selain itu, adapula pembacaan naskah ikrar.

Pembacaan Ikrar oleh Ketua Senat UM

Pada naskah ikrar terdapat beberapa poin yang disebutkan mengenai Pancasila dan roangrongan yang terjadi pasca kemerdekaan RI. “…Kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangan, menegakkan kebenaran, dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.” Merupakan salah satu pernyataan yang tertulis dalam ikrar.

Dengan mengenakan seragam batik KORPRI para peserta mengikuti upacara bendera peringatan Hari Kesaktian Pancasila  dengan khidmat dan tertib.

Pewarta : Salsabila Esya Kusdianti – Internship Humas UM

Fotografer : Riki Pratama – Internship Humas UM