image_pdf

Malang. Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pusat Pengkajian Pancasila (P2P) Universitas Negeri Malang (UM) bekerja sama dengan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno menggelar acara Bedah Pidato Soekarno. Kegiatan yang mengusung tema “gemparkanlah dunia! Hai pemuda-pemudi revolusioner” ini, dilaksanakan secara daring dan luring di Graha Cakrawala UM selama dua hari pada 15 hingga 16 Juni 2021.

Kegiatan ini menghadirkan para pemateri nasional, mereka yaitu JJ Rizal yang merupakan Sejarawan Kota Malang, Wahyu Widodo, M. Hum yang merupakan Dosen FIB Universitas Brawijaya dan Prof. Dr. Imam Mukhlis, S. E, M. Si., yang merupakan Guru Besar FE UM.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M. Pd., menyampaikan bahwa wilayah Malang Raya tidak akan lepas dari nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. “Di wilayah Kota Malang kita dapati bangunan Masjid Agung Jami bersebelahan dengan bangunan GPIB Imanuel, ini menunjukkan betapa tingginya nilai toleransi antar umat beragama di Kota Malang,”ujarnya.

Rektor mengapresiasi kegiatan ini yang juga menjadi bentuk kerjasama yang apik antara kedua belah pihak. “Melalui kegiatan diharapkan ini para peserta bisa mengikuti secara maksimal, dan dengan membaca biografi Soekarno di masa muda dapat memberikan pemahaman sosiologis dari dinamika kebangsaan generasi saat itu, dimana masa pergolakan latar belakang ideologi sudah dimulai,”pungkasnya.

Sementara itu, Drs. Agus Sutoyo, M. Si., selaku penanggung jawab kegiatan ini menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan  Memorandum Of Understanding (MOU) antara UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno dan UPT P2P UM sebagai bentuk kerjasama secara intens dan konsisten antara kedua belah pihak terutama dalam memunculkan ide cemerlang terkait nasionalisme, pancasila dan kebangsaan.

Pewarta          : Arya Wahyu Pratama           — Internship Humas UM

Pewarta Foto  : Muhammad Arif Fadlur        — Internship Humas UM