image_pdf

Malang. V-Trip (Virtual Trip) karya mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) sabet juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) pada Pekan Matematika Kreatif Indonesia (PAMER) Season XIV 2021.

Tema yang diangkat pada PAMER Season XIV Se-Indonesia adalah “Reposisi Peran Intelektual untuk Melahirkan Generasi EMAS (Educative, Morality, Adaptive & Smart ) Melalui Kompetisi Matematika di Era Revolusi Industri 4.0”. Tema yang diangkat kali ini sangat berkolerasi dengan pemahaman kepada seluruh elemen pendidik mengenai metode menjadi seorang tenaga pendidik yang profesional dan mampu menciptakan peserta didik yang baik dan berkarakter kebangsaan.

Tim V-Trip yang diketuai oleh Amanatul Haqqil Ibad (Matematika 2017) beranggotakan Chantika Putri Ana (Matematika 2018), dan Vira Ridho Hidayati (Teknik Elektro 2018). Amanatul menjelaskan bahwa pihaknya mengangkat inovasi berjudul “V-Trip (Virtual Trip): Aplikasi Pembelajaran Matematika berbasis Virtual Field Trip dengan Pendekatan Etnomatematika Rumah Adat untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar pada Anak”.

Inovasi tersebut berangkat dari kendala siswa yang merasa kesulitan dalam memahami materi terkait bangun ruang sisi datar. “Adik-adik kami merasa kesulitan dalam materi bangun ruang sisi datar, bahkan ada yang mengaku jadi malas belajar”, jelas Amanatul. Kesulitan ini bukan menjadi hal yang tabu diperbincangkan, pasalnya guru di sekolah hanya memberikan rumus-rumus untuk mengerjakan soal. “Selain itu, ada pula yang menyampaikan kebingungan dalam memilih rumus yang bersesuaian saking banyak rumus yang didapatkan dari guru tanpa penjelasan yang maksimal”, tambah Amanatul.

Berangkat dari problematika tersebut Amanatul dan timnya menerapkan teori belajar dan perkembangan kognitif milik Dienes dan Vygotsky. “Kami mencoba untuk mengusung ide kami dalam menyusun solusi berupa aplikasi pembelajaran. Tentunya juga disesuaikan dengan tema dan fokus yang dicapai dalam mengatasi permasalahan tadi”, ungkapnya.

Amanatul dan tim telah melakukan penelitian media pembelajaran dengan hasil yang sangat bagus. “Media tersebut cukup memberikan peluang bagi adik-adik kami untuk lebih mengetahui bahwa ada media pembelajaran yang menyenangkan bagi mereka. Selanjutnya, mereka tentu dapat mengenal aplikasi-aplikasi lainnya untuk menunjang proses belajar tanpa bosan”, jelasnya.

Penulis : Siti Nuradilla – Internship Humas UM