image_pdf

Vania sedang menyaksikan video materi PKKMB UM

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang diminati banyak calon mahasiswa di Indonesia, salah satunya adalah Vania Wilona Kaulika asal Malang. Vania merupakan mahasiswa baru Program Studi (Prodi) Ilmu Pendidikan, jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UM.

Saat diwawancarai apa alasannya memilih Prodi tersebut di UM Vania menjawab, “Karena prospek kerja yang luas dan ingin ikut serta mengembangkan sistem pendidikan di Indonesia. Kenapa UM? Karena UM adalah salah satu kampus terbaik di Indonesia,” ujarnya.

Untuk masuk ke UM pastinya ada perjuangan yang tidak mudah. Vania menceritakan bahwa sebelum akhirnya resmi menjadi mahasiswa baru UM, dia sudah 3 kali ditolak oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lain dan sudah mendaftar di salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Vania Wilona Kaulika mengikuti PKKMB secara Daring Asinkron

“Awalnya pesimis mau ikut SBMPTN karena sebelumnya sudah 3 kali ditolak PTN, disisi lain juga sudah mendaftarkan diri ke PTS. Tapi ibu saya menyarankan coba aja dulu siapa tau rejeki dan setelah daftar saya belajar semaksimal mungkin dengan mengikuti Tryout-tryout di instagram, melihat soal dan pembahasannya di Youtube. Selama ujian berlangsung saya hanya berdoa dan pasrah kepada Tuhan, hingga tiba waktu pengumuman SBMPTN alhamdulillah saya dinyatakan lolos di Universitas Negeri Malang bangga dan bersyukur sekali rasanya.”

Setelah dinyatakan sebagai Mahasiswa Baru UM, Vania bersyukur sekali bisa mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) walaupun dilaksanakan secara daring. UM memang menerapkan sistem daring asinkron untuk pelaksanaan PKKMB tahun ini. Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 yang semakin marak.

“Kesan mengikuti PKKMB UM, sangat bersyukur sekali bisa menjadi bagian dari UM selain itu selama PKKMB juga saya mendapat banyak ilmu dan pengetahuan baru tentang UM. Semoga di tahun-tahun berikutnya, semangat kakak-kakak panitia dan mahasiswa baru tidak berkurang sama sekali,” pungkas Vania.

Pewarta           : Muhammad Zaid Al Khair – Internship Humas UM