image_pdf
Wakil Rektor III UM, Dr. Mu’arifin, M.Pd. memberikan arahan dalam kegiatan Bimtek Bagi Guru PJOK di Lingkungan Dinas Kota Mojokerto

Mojokerto. Bimbingan teknis (Bimtek) yang ditujukan bagi guru PJOK (Pendidikan Jasmani, Olah raga dan Kesehatan) kali ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman kepada para guru terkait kurikulum dalam kontek umum yang sangat fleksibel dan dapat digunakan kapan pun walau nantinya terjadi  perubahan.

Bintek dilaksanakan selama 4 hari, mulai 14 sampai dengan 17 Juni 2021 dengan 2 metode. Secara luring yang bertempat di aula SDN Balongsari 6, Jln. Empunala dan secara daring melalui platform Zoom meeting dari Universitas Negeri Malang (UM).

“Guru PJOK dan guru-guru pada umumnya haruslah mampu meningkatkan profesionalisme dalam kegiatan pembelajaran dengan cara memahami kurikulum dan sistem pembelajaran.” Ujar Dr. Mu’arifin, M.Pd. Wakil Rektor III UM yang hadir dalam kegiatan Bimtek.

Lebih lanjut, Dr. Mu’arifin juga menyampaikan bahwa dalam sistem pembelajaran sebaiknya guru PJOK menerapkan paradigm baru dengan 4 komponen. Fun, mengajar dengan cara menyenangkan, Busy, menyibukan siswa dengan banyak bergerak, utuh, menjadikan sosok manusia yang utuh tidak hanya otot saja yang kuat  tetapi juga otaknya, hatinya, sikapnya, keterampilannya, pengetahuannya, dan intelektualnya. Yang terakhir adalah pembelajran yang fleksibel sesuai kemampuan sekolahnya.

Terakhir, Dr. Mu’arifin mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Kota Mojokerto yang telah memfasilitasi guru-guru PJOK. Hal ini penting karena guru harus dapat mengeksplorasi diri dan siswanya. Dimana guru harus mengoptimalisasi potensi siswa baik itu fisik, mental, moral, sosial, intelektual, spiritual, dan semua potensi itu dapat dioptimalkan oleh guru melalui gerak, yaitu PJOK.

Acara ini dimoderatori oleh Dr. Ludi Wishnu Wardana, M.M. yang mengungkapkan bahwa bimtek kurikulum ini merupakan kelanjutan dari kerjasama yang sebelumnya telah disepakati anatara Dinas Pendidikan Mojokerto dengan UM. Adapun materi yang disampaikan dalam bimtek meliputi profesionalitas guru PJOK pada revolusi industry 4.0 dan materi pemodelan/simulasi RPP PJOK berbasis permainan tradisional serta praktiknya oleh Dr. Ari Wibowo Kurniawan, M.Pd. dan Dr. Mu`arifin, M.Pd. sedangkan materi evaluasi dalam pembelajaran PJOK disampaikan oleh Prof. M. E. Winarno, M.Pd. selaku guru besar bidang evaluasi PJOK UM.

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM