image_pdf

Malang. Wisuda ke-98 Universitas Negeri Malang (UM) berlangsung di Graha Cakrawala pada Minggu (14/7). Wisuda yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut dihadiri oleh Rektor UM, Ketua Senat, segenap anggota senat, ketua ikatan alumni, pejabat struktural, dosen dan tenaga kependidikan, segenap fungsionaris mahasiswa serta segenap undangan dan para wisudawan beserta keluarga. Prof. Dr. H. Suko Wiyono, S.H., M.Hum selaku Ketua Senat UM membuka wisuda dan dilanjutkan dengan laporan kelulusan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed, M.Si. selaku Wakil Rektor I UM.

Wisuda ke-98 UM ini di ikuti oleh 1.341 orang lulusan yang terdiri dari 30 orang program Doktor kependidikan; 128 orang program Magister kependidikan; 6 orang program Magister non kependidikan; 631 orang program Sarjana kependidikan; 254 orang program Sarjana non kependidikan; 28 orang program Diploma III non kependidikan; dan 264 orang program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Dengan bertambahnya lulusan pada Wisuda ke-98 ini, maka UM telah berhasil meluluskan sebanyak 129.321 orang, terdiri atas 1.718 orang program Doktor; 9.468 orang program Magister; 80.779 orang program Sarjana; 1.627 orang program PPG; 16.914 orang program Diploma III; dan 18.815 orang program Non Gelar.

Dari jumlah lulusan tersebut, 4 orang berhasil lulus dengan prestasi terbaik bidang akademik tingkat universitas, yaitu lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan. Keempat lulusan terbaik tersebut adalah dari Program Diploma III yaitu Moh. Nanang Rifai, A.Md. dengan IPK 3.86 dan lama studi 6 semester dari Porgram Studi Diploma III Mesin Otomotif, Fakultas Teknik (FT) Dengan Pujian; dari Program Sarjana yaitu Mukminatul Layyinah, S.Pd dengan IPK 3.95 dan lama studi 8 semester dari Program Studi Sarjana Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Sastra (FS) yudisium Dengan Pujian; dari Program Magister yaitu Amiirohana Mayasari, M.Pd dengan IPK 3.93 dan lama studi 21 bulan dari Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Pascasarjana serta yudisium Dengan Pujian; dari Program Doktor yaitu Dr. Citra Kurniawati dengan IPK 3.96 dan lama studi 33 bulan dari Program Studi Doktor Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana serta yudisium dengan Pujian. Selain itu, satu penghargaan diberikan kepada Anton Agus Setiawan, S.Pd Program Studi Sarjana Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) sebagai lulusan dengan prestasi terbaik bidang non akademik tingkat universitas.

Melalui sambutan Rektor, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd menyampaikan tentang literasi, bahwa para wisudawan tidak cukup bergantung pada literasi lama namun juga harus mengembangkan literasi baru yaitu Literasi Data (Data Literation), Literasi Teknologi (Technology Literation), dan Literasi Manusia (Human Literation), ketiga literasi ini sangat penting dilakukan untuk menghaadapi babak baru yaitu Revolusi Industri 4.0. Selain itu Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Alumni (PP IKA UM) Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd dalam sambutannya berharap bahwa saudara wisudawan untuk tetap berperan aktif memajukan almamater kita UM.

Pewarta           : Riki Pratama – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Abdul Fattah – Internship Humas UM