image_pdf
Para Wisudawan

Malang. Wisuda ke-100 Universitas Negeri Malang (UM) berlangsung di Graha Cakrawala pada Minggu (6/10). Wisuda yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut dihadiri oleh Rektor UM, Ketua Senat, segenap anggota senat, ketua ikatan alumni, pejabat struktural, dosen dan tenaga tenaga kependidikan, segenap fungsionaris mahasiswa, serta segenap undangan, dan para wisudawan beserta keluarga. acara yang dibuka oleh Ketua Senat UM Prof. Dr. H. Suko Wiyono, S. H., M. Hum dan dilanjutkan dengan laporan kelulusan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M. Ed., M. Si. Selaku Wakil Rektor 1 UM.

Pada wisuda ke-100 UM Tahun 2019 ini diikuti oleh 1.401 wisudawan yang terdiri atas 39 mahasiswa program Doktor Kependidikan; 130 mahasiswa program Magister Kependidikan; 9 mahasiswa program Magister Kependidikan; 757 mahasiswa program Sarjana Kependidikan; 433 mahasiswa program Sarjana Non Kependidikan; dan 33 mahasiswa program Diploma III Non Kependidikan. Dengan bertambahnya lulusan pada Wisuda ke-100 ini, maka UM telah berhasil meluluskan sebanyak 132.124 mahasiswa, terdiri atas 1.775 mahasiswa program Doktor; 9.749 mahasiswa program Magister; 83.177 mahasiswa program Sarjana; 1.628 mahasiswa program PPG; 16.980 mahasiswa program Diploma III; dan 18.815 mahasiswa program Non Gelar.

Rektor berfoto bersama dengan Wisudawan yang dikukuhkan

Dari jumlah lulusan tersebut, 4 mahasiswa berhasil lulus dengan prestasi terbaik bidang akademik tingkat universitas, yaitu lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan. Keempat lulusan terbaik tersebut adalah Anggara Dwi Wahyu Ramadhan, A.Md, dengan IPK 3.75 lama studi 6 semester Program Studi Diploma III Mesin Otomotif, Fakultas Teknik, yudisium Dengan Pujian; DianFatma Supriyanti, S.Pd, dengan IPK 3.92 lama studi 8 semester; Program Studi Sarjana Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, yudisium Dengan Pujian; Yohannes Bhakti Agustiawan, M.Pd, dengan IPK 3.99, ama studi 4 semester; Program Studi Magister Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, yudisium Dengan Pujian; Dr. Ajun Purwanto dengan IPK 3.99, ama studi 6 semester; Program Studi Doktor   Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, yudisium Dengan Pujian. Sedangkan untuk lulusan dengan prestasi terbaik bidang non akademik tingkat universitas diraih oleh Nabila Mumtaz Gumintang, S.E, Program Studi Sarjana Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi.

Dalam pidato rektor. Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd memberikan pesan bahwa para wisudawan ke-100 ini akan menghadapi berbagai tantangan yang tidak ringan serta memasuki babak baru yaitu Revolusi Industri 4.0 dengan mengembangkan literasi baru yaitu Literasi Data, Literasi Teknologi dan Literasi Manusia. Ketiga literasi ini harus dikuasai oleh lulusan perguruan tinggi di Indonesia, tidak terkecuali lulusan UM.

Pewarta : Riki Pratama- Internship Humas UM

Pewarta Foto : Tim Dokumentasi- Internship Humas UM