image_pdf

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) sukses menyelenggarakan wisuda ke-106 ditengah kondisi pandemi Covid-19. Kegiatan dilaksanakan secara virtual melalui platform Zoom dan live di kanal Youtube UM Channel serta luring terbatas di Graha Cakrawala pada Sabtu (26/06). Peserta wisuda dibatasi dengan 2 perwakilan dari setiap fakultas serta harus menerapkan dan memenuhi protokol kesehatan yang ketat termasuk dengan hasil tes swab yang negatif.

Jumlah wisudawan yang terdaftar sebanyak 850 orang, terdiri dari 26 orang program Doktor, 121 orang program Magister,  665 orang program Sarjana dan 38 orang program Diploma. Namun yang mengkonfirmasi hadir dalam wisuda daring tersebut berjumlah 665 orang.

Acara ini dibuka oleh Ketua Senat UM, Prof. Dr. H. Sukowiyono, S.H., M.Hum. Dalam sambutannya Ketua Senat memberikan ucapan selamat kepada para wisudawan ke-106 dan berpesan agar menjadi lulusan kompetitif dan siap masuk ke dunia kerja. “Selamat kepada seluruh mahasiswa yang telah diwisuda pada hari ini. Lulusan UM harus mampu memiliki keahlian dan kecakapan dalam beradaptasi dengan lingkungan sosial dan perubahan perkembangan teknologi. Di masa depan pekerjaan manusia akan tergantikan oleh teknologi atau yang saat ini sedang berjalan yaitu Artificial Intelligence. Hal ini menunjukkan bahwa saat ini dan untuk masa depan hardskill saja tidak cukup bagi lulusan agar mampu berdaya saing, tetapi dibutuhkan softskill sebagai pelengkapnya. Selamat, selamat, dan selamat memasuki dunia kerja yang lebih baik. Marilah kita bahu-membahu untuk maju berinovasi bernas dan wujudkan merdeka belajar untuk Indonesia Maju,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan bahwa lulusan UM harus mampu beradaptasi dengan keadaan dan kondisi yang terjadi pada saat ini. “Dalam menapaki kehidupan baru, khususnya di tengah pandemi global (COVID-19), para wisudawan akan menghadapi berbagai tantangan yang kompleks. Akan tetapi yakinlah, seiring dengan besarnya tantangan juga akan hadir peluang yang membentang luas, yang kelak dapat Saudara manfaatkan. Tantangan yang akan Saudara hadapi tentunya sangat berbeda dibanding dengan tantangan generasi sebelumnya. Sebagai generasi digital yang hidup pada Era Revolusi Industri 4.0 di abad ke-21 ini, lulusan Perguruan Tinggi dituntut memiliki keterampilan literasi dan kompetensi yang memadai. Dalam hal literasi kita tidak lagi cukup bergantung pada literasi lama yang mengandalkan baca, tulis dan matematika, namun juga harus mengembangkan literasi baru, seperti: Literasi Data, Literasi Teknologi, dan Literasi Manusia. Dalam hal kompetensi, National Education Association (NEA) telah mengidentifikasi keterampilan yang harus dimiliki di abad ke-21, yang disebut dengan “The 4C”, yaitu: critical thinking (yang menekankan pada problem solving), creativity, collaboration, dan communication,” ungkapnya.

Dari total jumlah wisudawan ke-106, terdapat 4 orang yang berhasil lulus dengan prestasi terbaik di bidang akademik tingkat universitas, yakni lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan yaitu :

  1. Program Diploma III : Arifia Saoufi Asri, A.Md; IPK – 3,78; lama studi 7 semester; Program Studi Diploma III Perpustakaan, Fakultas Sastra (FS); Yudisium dengan Pujian.
  2. Program Sarjana : Fitriana Mulyaningsih, S.Pd; IPK = 3,96; lama studi 7 semester; Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran; Fakultas Ekonomi (FE); Yudisium dengan Pujian.
  3. Program Magister : Andika Isma, M.M; IPK = 3,99; lama studi 3 semester; Program Studi S2 Manajemen, Fakultas Ekonomi (FE); Yudisium dengan Pujian.
  4. Doktor : Dr. Rochmawati; IPK = 4,00; lama studi 7 semester; Program Studi S3 Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP); Yudisium dengan Pujian.

Sedangkan untuk lulusan dengan prestasi terbaik bidang non akademik tingkat universitas, diraih oleh Sendy Hanggarawan, S.Pd; Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik (FT). Dengan demikian UM telah meluluskan sebanyak 137.705 orang, terdiri atas 2.037 orang program Doktor; 10.568 orang program Magister; 88.948 orang program Sarjana, 16.443 Diploma III; 1.696 orang lulusan PPG; dan 18.013 orang program Non Gelar.

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM