image_pdf

Ikatan Alumni Universitas Negeri Malang (IKA UM) dan Niagahoster berkolaborasi untuk memberikan edukasi digital dalam mengoptimalkan peluang digitalisasi di berbagai sektor. Dalam meet up online Niagahoster bertajuk “Kolaborasi Niagahoster x IKA UM, Akselerasi Pengembangan Talenta Digital Indonesia”. Kegiatan terselenggara pada Selasa (26/07/2022) dengan menghadirkan dua pemateri yaitu Linggar Dwi Addieningtyas selaku Community Program Specialist Niagahoster dan Prof. Dr. Ainin M.Pd. selaku Ketua I IKA UM.

Niagahoster merupakan perusahaan web hosting Indonesia yang memiliki visi dan misi untuk membantu jutaan orang di Indonesia dalam memaksimalkan potensi internet melalui development program. Development program tersebut diantaranya WordPress Pro Course, WordPress Advanced Class, Etalase Digital, dan Digital Marketing Course. Program WordPress Pro Course merupakan program kolaborasi dengan IKA UM yang bertujuan untuk mengembangkan soft skill mahasiswa maupun fresh graduate dalam bidang digital.

“Melalui program ini, peserta diharapkan dapat belajar dari cara berpikir terstruktur melalui design thinking dan juga membuat website berbasis wordpress sebagai portfolio mereka. Ke depannya kerja sama akan terus dilakukan dalam bentuk dan berkolaborasi dengan institut pendidikan, salah satunya IKA UM,” ujar Linggar Dwi Addieningtyas.

Community Program Specialist Niagahoster ini menambahkan, IKA UM selaku penyelenggara sangat kooperatif dengan Niagahoster dalam menyiapkan kegiatan mulai dari pendaftaran, pembukaan, hingga pembuatan grup whatsapp peserta dengan mentor. Terhitung hingga saat ini, total alumni 90 orang dan telah dilaksanakan program sebanyak 4 kali. 

Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Ainin M.Pd. selaku Ketua I IKA UM mengungkapkan Niagahoster telah menjadi mitra baik dalam kegiatan virtual hiring maupun WordPress ProCourse. Niagahoster membantu menghadirkan narasumber yang kredibel yang berpengalaman di bidang design thinking, instalasi website, layouting, dan SEO. Hal itu selaras dengan kehadiran IKA UM yang bertujuan untuk memfasilitasi, mengkatalisasi, memotivasi, dan memberdayakan alumni UM untuk mengembangkan karir dalam memasuki dunia kerja secara profesional yang memiliki daya saing tinggi.

“Kami berharap kerja sama dengan Niagahoster ini berkelanjutan dan kebermanfaatan bersama khususnya untuk alumni UM dan para pemuda dalam mengembangkan karir dan memasuki dunia kerja,” harap Prof. Dr. Ainin M.Pd.

Nur Mega Saputra, alumni UM dari Bimbingan Konseling mendapatkan manfaat dari mengikuti program WordPress Pro Course ini. Walaupun sempat kesulitan saat mengikuti pelatihan karena sebelumnya jarang bersentuhan langsung dengan IT, Aris dimudahkan dengan penjelasan mentor yang jelas dan mudah dipahami.

“Pelaksanaan pelatihan interaktif dan jika terdapat kesulitan bisa ditanyakan secara langsung. Awalnya saya berpikir membuat website itu susah karena harus coding, namun mentor sangat membantu sehingga saya bisa memiliki website yang bisa saya gunakan untuk membranding diri saya,” jelasnya.

Pewarta: Novita Eka Andriyana – Internship Humas UM