image_pdf
Wakil Rektor IV UM, Prof. Ir. Arif Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng, MIEEE, Ph.D. bersama peserta Workshop Jurnalistik dan Fotografi

Wakil Rektor IV UM (Universitas Negeri Malang), Prof. Ir. Arif Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng, MIEEE, Ph.D. menekankan kepada tim Humas, baik Humas Fakultas, Lembaga, UPT, Direktorat maupun unit kerja untuk melakukan publikasi berita UM secara kontiyu. Hal ini dipandang perlu untuk optimalisasi search engine UM pada website. Pesan tersebut disampaikan WR IV UM saat membuka acara Workshop Jurnalistik dan Fotografi di Aula Graha Rektorat lantai 9 UM, Rabu 1/3/2023.

“Bapak/Ibu saat ini kita sedang membranding UM. Saya senang beberapa kesempatan yang saya jumpai di banner, videotron, backdrop, maupun media sosial dituliskan UM terlebih dahulu baru nama Universitas Negeri Malang. Jadi begini Bapak Ibu persepsi mengenai UM ini masih macam-macam di masyarakat. Kita ingin menjelaskan kepada publik bahwa UM itu singkatan Universitas Negeri Malang, bukan yang lain,” jelasnya.

Wakil Rektor IV UM, Prof. Ir. Arif Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng, MIEEE, Ph.D memberikan cinderamata kepada salah satu pemateri workshop Jurnalistik dan Fotografi, Kholid Amrullah (Redaktur Jawa Pos Radar Malang

Lebih lanjut Bapak yang sekaligus Guru Besar Fakultas Teknik UM juga menegaskan bahwa semakin sering mempublikasikan nama UM pada berita, dan konten-konten media sosial, maka akan meningkatkan popularitas UM pada mesin pencari.

“Bapak/Ibu mari mulai hari ini kita konsisten menggaungkan UM pada publikasi berita kita. Kemudian ragam berita kita juga jangan bersifat seremonial, harus lebih bervariatif. Mungkin ada konten edukasi, hiburan, riset dan lain-lain. Jika hanya bersifat seremonial maka kuantitas berita kita hanya sedikit, tetapi apabila bisa menggali potensi-potensi tadi, maka UM ini tidak akan kekurangan ragam berita untuk dipublikasikan,” lanjutnya dihadapan para tim humas dan branding fakultas,lembaga/unit kerja.

Kegiatan workshop dan fotografi yang dikoordinasi oleh Seksi Hubungan Masyarakat Direktorat DIPHK UM ini diselenggarakan selama dua hari. Hari ini: materi menulis berita oleh Kholid Amrullah (Redaktur Jawa Pos Radar Malang), dan mengenal foto jurnalistik oleh Hayu Yudha Prabowo (Fotografer Harian Surya Malang). Sedangkan besuk materi Public speaking oleh Maulina Pia Wulandari, S.Sos., M.Kom., Ph.D. (Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP UB, dan Broadcasting, Eko Setyawan (Pimpinan Redaksi Radio City Guide 911 Malang).

Penulis : Suhardi