image_pdf

Malang. Seiring dengan berkembangnya zaman dan cepatnya perkembangan inovasi di dunia akademik, Universitas Negeri Malang (UM) tengah mempertimbangkan hal-hal terkait skripsi alternatif dengan diadakannya Workshop Pembahasan Pedoman Teknis Ragam Tugas Akhir Mahasiswa UM yang dilaksanakan di Hotel Aria Gajayana pada Jumat (15/11). Jalannya kegiatan dipimpin oleh staff ahli Wakil Rektor I yakni Prof. Dr. Suyono, M.Pd dan diikuti oleh seluruh wakil dekan I maupun utusan dari setiap fakultas.

Tujuan diadakannya workshop tersebut adalah untuk menghasilkan pedoman tentang ragam tugas akhir mahasiswa. Nantinya, akan terdapat banyak jalur lain yang bisa ditempuh mahasiswa untuk bisa lulus tanpa menempuh skripsi. Prof. Suyono menyebut jalur lain tersebut dengan istilah skripsi alternatif. Mahasiswa yang tidak menyukai penelitian bisa mengambil jalur lain yang sesuai dengan passionnya, sehingga tugas akhirnya nanti akan muncul bermacam-macam dan bervariasi. Meskipun bervariasi, semuanya tetap dalam kerangka standard yang disepakati oleh universitas.

“Nah, rangkaian kegiatan workshop ini tak lain adalah untuk menentukan dan menetapkan standard bagi skripsi alternatif tersebut. Kami akan mendiskusikan mengenai standard isi, standard proses, standard hasil dan standard penilaian. Masing-masing ini akan digarap oleh semua utusan fakultas yang telah hadir dalam workshop ini,” jelas Prof. Suyono.

Setelah standardnya ditetapkan, agenda kedepan adalah perincian petunjuk teknis. Jika semua sudah rapi dan disetujui pimpinan, maka diharapkan mahasiswa dapat lulus bermutu tepat waktu. Bermutu karena karyanya terkendali oleh standard itu dan tepat waktu karena mereka bisa memilih variasi skripsi alternatif yang sesuai dengan passionya.

“Dengan ditetapkan seperti ini, maka karya mahasiswa dan dosen akan semakin banyak, iklim akademik akan semakin hidup. Mereka akan mengembangkan proposal untuk berbagai inovasi seperti buku, prototype maupun media. Akhirnya karya-karya baru akan terus tercipta,” ujar  staff ahli Wakil Rektor I tersebut.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM