image_pdf
Wakil Rektor IV UM, Prof. Dr.Ibrahim Bafadal, M.Pd memberikan cinderamata kepada pemateri I workshop kehumsan dan protokoler, Ratna Kristina dari Perhumas Malang Raya

Malang. Hubungan masyarakat (Humas) Universitas Negeri Malang (UM) adakan workshop peningkatan kompetensi bidang kehumasan dan protokoler bagi tenaga kependidikan pada Selasa (09/11). Dilaksanakan secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang ketat di Savana Hotel & Convention dengan menghadirkan 3 pemateri yang ahli dibidangnya.  Ketiga pemateri tersebut adalah Ratna Kristina dari Perhumas Malang Raya dengan materi pengembangan kepribadian, Meylani dari International Public Relation Association (IPRA) Indonesia dengan materi kehumasan dan Pulung Siswantara, S.Km., M.Kes., dari Unair Surabaya dengan materi protokoler.

Kegiatan ini hanya dihadiri oleh 52 orang peserta yang berasal dari Para Pimpinan UM, perwakilan setiap fakultas, Pascasarjana, UPT Humas, Bakpik dan Buk serta lembaga lain yang ada di UM ini dibuka langsung oleh Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal, M.Pd., selaku Wakil Rektor IV UM yang memberikan apresiasi tinggi atas terlaksananya kegiatan workshop. “Saya ucapkan terimakasih atas kehadiran bapak ibu semuanya. Saya memandang humas dan keprotokoleran sebagai wajah depan dari sebuah kantor atau lembaga, sehingga hal itu sangat diperhatikan dan sangat mempengaruhi langkah selanjutnya. Seperti ketika akan melakukan kerjasama, orang yang datang akan langsung meluhat bagaimana pelayanan dan cara menyambut dari sebuah lembaga tersebut. Dari kesan pertama itulah langkah selanjutnya ditentukan,” ujarnya.

“Maka dari itu, workshop ini amat sangat penting sekali untuk kita ikuti dan perhatikan bersama. Berangkat dari betapa pentingnya hal-hal tersebut kita harus kompeten baik secara pengetahuan, ketrampilan dan sikap. Karena kompetensi itu terdiri dari 3 ranah tersebut. Karena itu saya sangat memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini mulai awal sampai akhir,” lanjutnya.

Workshop ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pelatihan kehumasan yang bertujuan agar semua lembaga yang ada di UM memiliki wawasan dibidang kehumasan, protokoler, dan pelayanan. Di akhir sambutannya, Prof. Ibrahim menyampaikan pesan agar loka karya atau workshop ini bisa memberikan kemanfaatan dan meningkatkan profesionalitas pelayanan di UM. “Tentang kehumasan, saya pernah membaca di buku administrasi perkantoran tentang persuratan yang menuliskan kata-kata -tunjukkan satu surat yang terbaik dari kantor anda saya akan melihat tingkat profesionalitas kantor anda, kalau banyak kesalahan menandakan kantor anda tidak kompeten-.  Saya berharap kegiatan hari ini berjalan lancar dan bermanfaat bagi kita semua serta mendapatkan ilmu yang manfaat, semoga Allah selalu meridhoi kita semua,” pungkasnya.

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM.