image_pdf

Malang. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) Universitas Negeri Malang (UM) selenggarakan workshop pengelolaan pangkalan data di lingkungan perguruan tinggi. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh anggota PTIK tersebut dilaksanakan selama dua hari di hotel Ijen Suites pada Jumat (08/11) hingga Sabtu esoknya. Workshop ini dibuka secara resmi oleh Ibrahim Bafadhal selaku Wakil Rektor IV UM, hal ini dikarenakan dalam strukturnya PTIK bertanggung jawab langsung kepada WR IV terkait teknologi, informasi dan komunikasi UM.

Pangkalan data ini, jelas Wakil Rektor IV, merupakan hal paling primer dan penting di setiap perguruan tinggi terutama UM. Semua urusan terkait akreditasi dan penilaian mengandalkan pangkalan data dalam indikasinya. Oleh karena itu, mengapa pangkalan data ini harus diupgrade, ditingkatkan kualitasnya, dikuatkan dan direvitalisasi agar beberapa masalah yang dihadapi oleh universitas terkait data dapat terselesaikan dengan baik. Hingga saat ini, UM sudah memiliki 123 aplikasi untuk mendukung terkumpulnya semua data baik ditingkat universitas maupun fakultas, tetapi tetap saja masih ditemukan banyak kasus yang mempersoalkan masalah data.

“Mari kita telaah bersama, bagaimana penyelesaiannya. Sehingga sinkronisasi dan pengintegrasian seluruh aplikasi tersebut bisa segera diperbaiki dan dikuatkan. Akhirnya nanti data kita bisa lengkap, akurat, dan cepat. Jika tujuan tersebut tercapai, kapan saja pimpinan UM memerlukan data, tidak susah susah lagi dalam mencarinya karena tersedia lengkap, akurat dan cepat. Kecepatan mendapatkan data itu akan berpengaruh dalam pengambilan keputusan dan kebijakan oleh para pimpinan, itulah mengapa urusan ini sangat urgent untuk segera disikapi,” tambah Ibrahim Bafadhal dalam sambutan pembukaannya.

Untuk mendukung salah satu tujuan tersebut, PTIK mengupayakan 800 titik jaringan WiFi di seluruh wilayah UM hingga tahun 2024. Peningkatan kualitas sumber daya manusia PTIK melalui workshop ini diharapkan dapat membawa UM menjadi universitas yang lebih maju, unggul dan menjadi rujukan.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Riki Pratama – Internship Humas UM