image_pdf

Malang. Surat keputusan Rektor Universitas Negeri Malang (UM) tentang penetapan dosen dan tenaga kependidikan, calon penerima pembiayaan program Overseas Non Degree Training (ONDT) project 4in1 Islamic Development Bank (IsDB) telah diterbitkan dan dibagikan pada Selasa (24/04). Bersamaan dengan itu, Wakil Rektor I dan tim pelaksana program memberikan pembekalan kepada peserta mengenai persiapan-persiapan keberangkatan. Pembekalan tersebut dilaksanakan di Ruang Sidang Rektor, Graha Rektorat UM.

Rangkaian seleksi telah dilaksanakan sejak Bulan November 2018 hingga Bulan Maret 2019. Seleksi berupa seleksi proposal dan tes wawancara yang diikuti oleh 71 orang. Selanjutnya,  tim penyeleksi memutuskan 24 orang yang akan berangkat keluar negeri untuk melakukan pelatihan. Negara yang akan dituju diantaranya adalah Jepang, Australia, New Zeland, Spanyol, Netherlands, Italy, United Kingdom, dan Malaysia.

“Saya berharap pelatihan ini dapat memberikan dampak yang baik bagi UM. Kami selalu mendukung agar peserta dapat menyelesaikan output berupa buku, modul, artikel maupun prototype dengan baik,” ujar Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si., Wakil Rektor I UM.

Rentang waktu masing-masing peserta berbeda, sesuai dengan pelatihan yang diambil, mulai dari 10 hari hingga 4 minggu. Pelatihan yang terpilih adalah pelatihan yang berhubungan dengan peningkatan kualitas pendidikan. UM membutuhkan inovasi-inovasi baru sistem pembelajaran agar julukan The Learning University semakin menjadi rujukan dalam pembelajaran.

“Manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan ini, galilah ilmu sebanyak mungkin dan produksilah sesuatu semaksimal mungkin disana. Setelah pelatihan ini selesai, diharapkan dapat membagikan ilmu yang didapat kepada mahasiswa maupun dosen lainnya. Khusus untuk tenaga kependidikan, ilmunya bisa diaplikasikan untuk memajukan sistem UM menjadi semakin baik lagi,” tutur Dr. Sintha Tresnadewi, M.Pd., salah satu tim penyeleksi program ini.

 Pewarta : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM

Pewarta Foto : Abdul Fattah – Internship Humas UM