image_pdf
Babak Final Cabang Kewirausahaan Kreatif

Malang. PKM Center Universitas Negeri Malang (UM) selenggarakan kompetisi daring Young Creative Idea yang dibuka pendaftarannya sejak 30 April lalu. Kompetisi ini diadakan dengan tujuan agar mahasiswa di Indonesia tetap mengasah kreatifitasnya dan terus berkarya meskipun tengah dilanda pandemi Covid-19. Tema yang diangkat pun disesuaikan dengan kondisi saat ini agar karya dan kreatifitasnya bisa memberikan benefit secara langsung terhadap masyarakat. Tema tersebut adalah Kolaborasi Cegah dan Tangani Covid-19 sebagai Aksi Nyata Mahasiswa Indonesia.

Babak Final Kewirausahaan Kreatif

“Masa pandemi ini kan kegiatan mahasiswa ada di rumah, harapan kami kreativitas mahasiswa itu tidak mati meskipun di rumah aja. Sehingga, kami menjembatani kreatifitas dan produktifitas mahasiswa dengan mengadakan acara ini. Ternyata semangat adik-adik mahasiswa Indonesia ini sangat besar, terbukti dari jumlah peserta yang sudah daftar dan mengumpulkan karya.

Terimakasih, ide ide kreatif dari peserta membawa atmosfer bahwa fenomena Covid-19 bukanlah menjadi kendala untuk tetap meningkatkan kreatifitas, tetap semangat dan terus tingkatkan produktifitas,” ujar Dr. Henny Kusdyanti selaku Ketua Pelaksana Young Creative Idea ini.

Dewan Juri YCI

Terdapat empat cabang lomba yang dikompetisikan yakni Gagasan Tertulis, Poster, Video, dan Kewirausahaan Kreatif. Kompetisi ini diikuti oleh 1673 tim dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia dengan rincian sebagai berikut: 481 tim dari 130 perguruan tinggi (Gagasan Tertulis),  857 tim dari 169 PT (Poster),  154 tim dari 75 PT (Video),  dan 158 tim dari 56 PT (Kewirausahaan Kreatif). Peserta mengirimkan karya melalui email panitia, sehingga peserta tidak perlu untuk berkunjung ke UM.

Pengumuman Juara Kewirausahaan Kreatif

Dari 1673 tim tersebut, PKM Center mengumumkan 10 tim dengan nilai terbaik untuk masing-masing cabang yang berhasil masuk ke babak final pada Senin (15/06). Khusus cabang Kewirausahaan Kreatif, peserta final diharuskan untuk mempresentasikan karyanya secara virtual melalui google meet. Penilaian final dilaksanakan pada Senin (22/06) dan diikuti oleh 10 tim dengan karya-karya wirausaha yang memanfaatkan peluang di masa pandemi ini. Kemudian, pengumuman kejuaraan diumumkan secara langsung di akun Instagram YCI (yci_um) pada Kamis (25/06).

Pengumuman Juara GT

“Alhamdulillah, dalam situasi pandemi ini para mahasiswa tetap luar biasa. Saya apresiasi setinggi-tingginya karena ide kreatif yang ditampilkan dalam tulisan, poster maupun video saya kira sangat berkualitas. Mereka menunjukkan persaingan yang sangat ketat antara peserta satu dengan lainnya. Ini saya kira luar biasa,” kesan Drs. Solichin, S.T., M.Kes., M.Si., salah satu dewan juri cabang Kewirausahaan Kreatif.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM