image_pdf
Delegasi UKM memasuki area stadion dengan membawa bendera UKM

Poor—Forum Komunikasi Unit Kegiatan Mahasiswa (FORKOM UKM) Universitas Negeri Malang (UM) pada Jumat (23/08) menggelar acara UKM Day 2024 pada hari terakhir Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan yang bertempat di Stadion Graha Cakrawala UM ini bertujuan memperkenalkan berbagai unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang ada di UM kepada para mahasiswa baru.

Ketua Pelaksana UKM Day 2024, Imam Alwi Khanavi, dalam wawancaranya dengan Tim Humas UM, menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk memperkenalkan 42 UKM yang tersebar dalam 7 bidang, yaitu kerohanian, penalaran, bela diri, keolahragaan, minat khusus, protokoler, dan kesenian. “Dengan adanya UKM Day ini, mahasiswa baru bisa mengetahui dan memahami berbagai pilihan UKM yang ada di UM. Selain itu, acara ini juga menjadi wadah bagi masing-masing UKM untuk berkolaborasi,” jelas Imam.

Setelah penutupan resmi PKKMB oleh Rektor, acara UKM Day dimulai dengan parade setiap UKM yang masuk ke stadion dengan membawa bendera masing-masing. Berbeda dengan tahun sebelumnya, UKM Day 2024 menampilkan pertunjukan kolosal dari 37 UKM yang tergabung dalam 8 sesi. Setiap sesi diisi dengan kolaborasi antar-UKM yang menampilkan identitas unik masing-masing.

Selain penampilan, UKM Day juga dimeriahkan dengan stan-stan yang dikelola oleh setiap UKM untuk mempromosikan kegiatan mereka. Berbagai cara kreatif digunakan untuk menarik minat mahasiswa baru, mulai dari mencoba alat musik atau alat bela diri, bermain games, hingga membuka jasa foto dan cek kesehatan gratis. Kegiatan ini berlangsung hingga pukul 16.00 WIB.

Nisa Diah Silvana, salah satu panitia UKM Day, mengungkapkan bahwa persiapan untuk acara ini hanya memakan waktu tiga minggu. “Persiapan kami hanya sekitar tiga minggu, mulai dari mengkoordinasi seluruh UKM, latihan kelompok untuk setiap sesi, hingga latihan bersama,” ucap Nisa.

Antusiasme mahasiswa baru sangat terasa sepanjang acara berlangsung. Mereka terlihat sangat bersemangat mengunjungi berbagai stan UKM. Stadion Graha Cakrawala UM dipenuhi dengan energi positif dan semangat tinggi dari para mahasiswa baru.

Imam Alwi Khanavi berharap acara ini bisa menjadi pintu masuk bagi mahasiswa baru untuk aktif berpartisipasi dalam UKM sesuai minat dan bakat mereka. “Semoga mahasiswa baru tertarik untuk bergabung dengan UKM yang sesuai minat dan bakat mereka. Selain itu, saya berharap semua UKM di UM tetap solid, memiliki banyak anggota, dan terus berkembang ke arah yang lebih baik,” harapnya.

Pewarta: Rimala Maulina – Internship Humas UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM