image_pdf
Sesi Foto Bersama pimpinan UM dan Kepala Dinas Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu dan perwakilan BBG Jawa Timur yang di temani oleh maskot UM Cakra

Poor— Sebagai langkah untuk menumbuhkan kepemimpinan bagi mahasiswa, Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Gelar Karya gelombang pertama, Kultura Fusion. Acara yang bertemakan Integrasi Budaya dan Inovasi ini digelar pada Kamis (26/9) di Graha Cakrawala dengan mengangkat nuansa nusantara. Sebanyak sembilan program studi berpartisipasi dalam acara ini, di antaranya Pendidikan Bahasa Indonesia, Bimbingan Konseling, Matematika, PGSD, Pendidikan Jasmani, Sejarah, Informatika, Seni Budaya, dan Pendidikan Luar Biasa.

Kultura Fusion menghadirkan ratusan produk inovasi hasil karya mahasiswa PPG. Produk-produk ini merupakan bagian dari proyek pembelajaran yang dirancang untuk memberikan dampak nyata bagi dunia pendidikan. Para mahasiswa bekerja dalam kelompok yang dibimbing oleh dosen mata kuliah proyek kepemimpinan. Hasil inovasi mereka diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para guru, dosen, dan praktisi pendidikan lainnya.

Wakil Rektor (WR) I UM, Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan kutipan inspiratif, “Tiada regenerasi masa depan tanpa inovasi, tiada proses inovasi tanpa perubahan, dan tiada proses perubahan tanpa kreativitas.” Beliau menekankan pentingnya inovasi untuk menciptakan perubahan yang berkelanjutan bagi masa depan.

Acara ini juga dihadiri oleh Direktur Sekolah Pascasarjana UM, Prof. Dr. Adi Atmoko, M.Si., yang menyampaikan harapannya, “Dengan kegiatan ini, kami berharap lulusan PPG UM menjadi guru yang mempesona dan mampu membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan.”

Prosesi Pemukulan Gong, sebagai penanda dibukanya Gelar Karya Kultura Fusion 2024

Selain pameran inovasi, Kultura Fusion juga dimeriahkan oleh pentas seni kreatif yang menampilkan tarian tradisional hingga musik modern. Pertunjukan ini memperkuat kolaborasi dan kekompakan di antara mahasiswa, sekaligus mengapresiasi keberagaman budaya Nusantara yang menjadi sumber inspirasi inovasi pendidikan.

WR I UM bersama perwakilan BBGP Provinsi Jawa Timur, Dinas Pendidikan dari Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, turut hadir dan berkeliling mengunjungi pameran inovasi mahasiswa, memberikan apresiasi atas karya-karya yang ditampilkan.

Pewarta: Afgian Gala Mahiya Ikhsan – Internship Humas UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM