image_pdf

Poor. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Arab Universitas Negeri Malang (UM) sukses menyelenggarakan salah satu agenda tahunannya yaitu Pekan Arabi. Pekan Arabi adalah kegiatan perlombaan bahasa arab tingkat nasional bagi siswa SMA / Sederajat dan Mahasiswa S-1. Pekan Arabi 2021 mengangkat tema “Membangkan Potensi dan Mewujudkan Prestasi, Menuju Generasi Milenial yang Cerdas Berbahasa Arab”.  

Perlombaan tersebut dilaksanakan sejak tanggal 25 September 2021 hingga puncak acara pada 8 Oktober 2021 dimulai dari babak penyisihan hingga final. Lomba-lomba tingkat SMA / Sederajat adalah: Kaligrafi, Bercerita Bahasa Arab, dan Pidato Bahasa Arab. Sedangkan lomba tingkat mahasiswa S-1 adalah: Debat bahasa arab, Puisi bahasa arab, Olimpiade, dan video inovasi pembelajaran. 

Damateja Andika ketua pelaksana pekan arabi mengungkapkan bahwa perlombaan ini dilaksanakan secara virtual karena masih terhalang pandemi. “Ini adalah kedua kalinya pekan arabi dilaksanakan secara daring, tapi meskipun demikian antusiasme peserta tetap luar biasa bahkan ada peserta dari Malaysia juga, sesuai tema yang kita angkat yaitu tetap kembangkan potensi diri ditengah masa pandemi” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Sastra Arab UM Dr. Hanik Mahliatussikhah, M. Hum mengapresiasi kepada para juara dan memotivasi kepada seluruh peserta untuk tetap bersemangat belajar bahasa arab. “Selamat kepada para juara kalian telah menuai hasil yang telah diharapkan, bagi yang belum juara jadikan ini pelajaran dan pengalaman” ungkapnya.

Wakil Dekan III Fakultas Sastra Prof. Dr. Yusuf Hanafi, M. Fil.I mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Pekan Arabi tahun ini. “Kegiatan seperti ini harus rutin dilaksanakan setiap tahunnya, agar para siswa dan mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan bahasa arabnya dengan mengikuti perlombaan” ungkapnya. 

Informasi selengkapnya tentang kegiatan Pekan Arabi 2021 bisa mengunjungi website HMJ Sastra Arab UM (hmjarab.sastra.um.ac.id) atau media sosial instagram (@pekanarabium dan @sastraarabum). 

Pewarta : Arya Wahyu Pratama -Internship Humas UM