image_pdf

Poor. Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang (UM) tak henti-hentinya melakukan berbagai trobosan dan inovasi dalam dunia pembelajaran bahasa arab. Pandemi Covid-19 yang memunculkan berbagai cara dan metode pembelajaran yang baru menjadi hal yang menarik untuk dikaji. Kali ini JSA UM mencoba menjawab tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran on line Bahasa dan Sastra Arab melalui kegiatan seminar internasional secara virtual.

Kegiatan seminar tersebut bernama International Conference In Arabic Festival (INCAFA) 2021 yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting pada sabtu (05/06/2021). Dengan mengangkat tema “Pembelajaran Online Bahasa dan Sastra Arab di Masa Pandemi Covid-19: Peluang dan Tantangan” seminar ini menghadirkan 4 pemateri utama dari berbagai negara, yaitu, Prof. Dr. Hasan Abdul Alim Yusuf dari Suez Canal University, Mesir, Prof. Dr. Muhammad Nidzomuddin dari University of Rajshahi, Bangladesh, Prof. Dr. Muhammad Abdurrahman Yones dari Averroes University, Holland, dan narasumber Indonesia adalah Prof. Dr. Yusuf Hanafi dari Universitas Negeri Malang.

Kegiatan yang dimulai pukul 12.30 WIB ini diikuti oleh sekitar 750 peserta dari 32 Negara diantaranya Malaysia, Nigeria, Belanda, Lebanon, dan Maroko. Dalam sambutannya Prof. Nurul Murtadho Wakil Direktur Pascasarjana UM mengungkapkan terimakasih baik kepada panitia penyelenggara ataupun peserta dari berbagai negara. “Selamat datang dalam seminar internasional ini, semoga kita bisa mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini sebagai salah satu bentuk kecintaan kita terhadap Bahasa Arab” ungkapnya.

Sementar itu, Dr. Hanik Mahliatussikhah Ketua Jurusan Sastra Arab UM pada kesempatan tersebut menyampaikan terkait teknis pelaksanaan seminar. Selain seminar di ruang utama, para peserta juga bisa mengikuti seminar pararel yang terbagi di 4 ruangan dengan 17 pemateri lainnya yang juga berasal dari berbagai negara. “Setelah mengikuti seminar utama para peserta mengikuti seminar pararel, uniknya di salah satu ruangan para pematerinya adalah mahasiswa Sastra Arab UM yaitu 3 mahasiswa tingkat S-1 dan 2 mahasiswa tingkat S-2”, pungkasnya.

Para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan seminar ini baik mahasiswa, dosen, pakar bahasa, dan para pecinta bahasa arab. Setelah kegiatan ini para peserta juga bisa membaca makalah yang dipresentasikan para pemateri melalui buku prosiding.

Pewarta           : Arya Wahyu Pratama                       — Internship Humas UM