image_pdf
Narasumber GCEE 2021, Dr. Mohd Syahrul Hisyam Mohd Sani (Universiti Teknologi Mara – Malaysia)

Poor. Tingkat kepedulian masyarakat terhadap lingkungan kian meningkat, salah satunya dapat dilihat dengan suksesnya jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan seminar internasional atau The 2nd International Conference on Green Construction and Engineering Education (ICGCEE) pada Kamis (12/08/2021). Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual melalui Zoom meeting dengan diikuti oleh peneliti dan akademisi dari Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Turki, Taiwan, Jepang, dan Australia.

Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan ketua pelaksana, pembacaan doa, kemudian plenary session oleh narasumber dari berbagai negara. Seminar ini dibagi menjadi dua sub conference, yakni International Conference on Green Civil and Enviromental Engineering (GCEE) dan International Conference on Civil Engineering Education (ICCEE).

Adapun narasumber dari GCEE, yaitu: Dr. Mohd Syahrul Hisyam Mohd Sani (Universiti Teknologi Mara – Malaysia), Prof. Dr. Nuriye Altinay, Perendeci (Akdeniz University – Turki), Prof. Ta-Chih, Hsiao, Ph.D (National Taiwan University – Taiwan), dan Dr. Ir. Henri Siswanto, MT (Universitas Negeri Malang – Indonesia). Sementara itu narasumber dari ICCEE antara lain: Dr. Paryono (SEAMEO VOCTECH Asia Tenggara) dan Dr. R. Machmud Sugandi, ST., MT (Universitas Negeri Malang – Indonesia).

“GCEE memiliki tujuan untuk berkontribusi dalam mewujudkan pembangunan lingkungan yang berkelanjutan, terutama dalam aplikasi Teknik Sipil dan lingkungan melalui forum ilmiah tersebut. Sedangkan ICCEE memiliki tujuan untuk mengakomodasi pemikiran dan pengalaman ilmiah dari akademisi dan peneliti di level internasional dalam hal kependidikan teknik sipil dan vokasi.” tutur Anie Yulistyorini, S.T., M.Sc., Ph.D. selaku ketua pelaksana kegiatan ICGCEE 2021 pada Minggu (15/08/2021).

GCEE 2021 bekerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri berupa join research, join publication, lecture exchange, and conference organisation. Anie Yulistyorini, S.T., M.Sc., Ph.D. berkata “GCEE mengangkat topik riset terkait green materials, green construction methods and technologies, sustainable techniques in buildings and infrastructures, geopolymer and its application, sanitation system and technology options, sustainable technology for water and wastewater treatment, and green building.”

Ditanya mengenai motivasi jurusan Teknik Sipil UM menyelenggarakan seminar internasional ini, ketua pelaksana kegiatan mengatakan bahwa ingin mempromosikan jurusan Teknik Sipil UM pada level internasional dan juga menambah kerjasama dengan perguruan tinggi maupun lembaga riset baik di Indonesia ataupun luar negeri.

“Pada tahun-tahun berikutnya diharapkan seminar internasional ini dapat berkembang dan berkaloborasi dengan International Engineering and Vocational Association dalam bidang teknik sipil, lingkungan, dan kependidikan sehingga bentuk kerjasama yang tercipta semakin luas.” ucap Anie Yulistyorini, S.T., M.Sc., Ph.D.

Pewarta : Risa Ramadania – Internship Humas UM