image_pdf
Wakil Rektor IV UM Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd. menunjukkan berkas MoU

Poor. Universitas Negeri Malang (UM) menghadiri  kegiatan seremonial penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan  Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia Provinsi Jawa Timur. Kegiatan yang dilaksnakan secara virtual pada (10/08) tersebut, juga menghadirkan 10 Perguruan Tinggi di Jawa Timur. Tampak hadir dalam ruang virtual Wakil Rektor IV UM Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd., Koordinator Bagian Kerjasama dan Humas Dra. Komariyah, Sub Koordinator Subbag Humas Ifa Nursanti, S. AP., serta beberapa pejabat UM lainnya.

Acara diawali dengan pembacaan doa, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, dan penandatanganan MoUantara 11 PT di Jawa Timur dan BNN Jatim. Dalam sambutannya kepala BNN Jatim Drs. Aris Purnomo menyampaikan bahwa dalam melawan narkoba dibutuhkan sinergi antar berbagai pihak diantaranya adalah perguruan tinggi.

“Adapun penandatanganan ini adalah sebagai bentuk optimalisasi gerakan P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) di lingkungan kampus. Jadi kedepan yang kita butuhkan adalah  sinergi antara mahasiswa, masyarakat dan BNN hingga bisa mewujudkan individu dan masyarakat yang tegas melawan narkoba sesuai peraturan yang berlaku,” paparnya.

Kedepan BNN bersama 11 PT di Jatim ini akan mencanangkan program kampus bersinar (Kampus Bersih Narkoba). Ruang lingkup MoU ini adalah sebagai berikut: 1) melaksanakan komunikasi informasi, edukasi dan pencegahan penyalahgunaan narkotika masyarakat yang terintegrasi dengan Tridarma Perguruan Tinggi pada pengabdian masyarakat, 2) memasukkan program desa bersinar dalam kegiatan KKN atau sejenisnya, 3) partisipasi dalam pengembangan program bersinar, 4) pengembangan kapasitas mahasiswa dan dosen dan P4GN, dan 5) Terciptanya kampus bersinar.

Sementara itu mewakili pimpinan perguruan tinggi yang hadir, Prof. Dr. Nur Hasan, M. Kes., Rektor Unesa menyampaikan terimakasih kepada pihak BNN yang tetap konsisten melaksanakan kegiatan yang positif ditengah pandemi Covid-19 ini. “Kami siap menyukseskan program Bersinar ini, kedepan mungkin perlu dibentuk duta penggerak anti narkoba bukan hanya bagi mahasiswa tapi juga para dosen dan tendik” ujarnya.

Pewarta           : Arya Wahyu Pratama                        — Internship Humas UM