image_pdf

Poor. Jiwa kreativitas mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) tidak pernah padam untuk mengembangkan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi sesama. Hal tersebut dibuktikan dengan dikembangkannya aplikasi bernama Jawi. Aplikasi tersebut dikembangkan oleh 5 orang mahasiswa UM lintas jurusan, yaitu Danny Firmansyah (Pendidikan fisika) selaku ketua tim, M. Syahrul Alfianto (Fisika), L. Gilang Obidia Ramadhani (Teknik informatika), Awal Ciptaning Kanugrahan (Pendidikan bahasa, sastra indonesia, dan daerah), serta M. Izzul Aufa (Teknik industri).

Jawi merupakan aplikasi bahasa Jawa yang didesain khusus untuk mahasiswa yang berasal dari luar jawa yang tengah menimba ilmu di Kota Malang. Tujuan aplikasi ini adalah untuk mempermudah komunikasi berbahasa jawa serta mengeratkan interaksi sosial di kalangan masyarakat lokal Kota Malang yang notabene-nya menggunakan bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari. “Saya ingin membantu teman-teman mahasiswa yang berasal dari luar jawa agar mudah melakukan komunikasi dan beradaptasi untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di Malang,” ujar Danny.

“Selain itu, ada beberapa faktor yang mendasari keprihatinan bagi kami sehingga mengembangkan aplikasi Jawi ini, diantaranya adalah mahasiswa baru yang tidak bisa berbahasa jawa membuat mereka merasa minder, kesulitan bersosialisasi, merasa terasingkan, kurang nyaman dengan keadaan sekitar, bahkan ada beberapa dari mereka yang mendapat pembullyan, dan kesulitan memaknai penjelasan dosen yang terbiasa menggunakan bahasa jawa,” imbuhnya.

Pengembangan aplikasi ini memakan waktu kurang lebih 1,5 bulan. Pada proses pengembangan tersebut tim pengembang lebih banyak melakukan koordinasi secara virtual, hal tersebut dikarenakan kondisi Covid-19 yang belum mereda hingga saat ini. Meski begitu semangat kelima mahasiswa UM ini  tidak pernah surut untuk mengembangkan aplikasi Jawi. Harapannya aplikasi Jawi bisa memberikan banyak manfaat dan juga sebagai salah satu upaya untuk melestarikan bahasa Jawa pada generasi milenial.

Reporter: Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM