image_pdf

Poor.  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang (UM) lakukan peluncuran Health Promoting University (HPU) serta Pencanangan Hari Krida bagi Sivitas UM pada Jumat (19/11). Kegiatan dilaksanakan secara hybrid, luring di Loby Graha Rektorat dan daring melalui live instagram UM. HPU UM hadir untuk menciptakan lingkungan kampus yang sehat, dengan lima pilar di dalamnya, yakni komitmen dan kepemimpinan, promosi dan pendidikan kesehatan, lingkungan fisik dan sosial, kapasitas dan kapabilitas individu, serta Kondisi kesehatan warga kampus.

Kegiatan peluncuran dimulai dengan senam pagi yang diikuti Rektor UM dan segenap sivitas UM di lapangan parkir Graha Rektorat. Senam tersebut dipandu oleh Dr. Surya Adi Saputra, S.Pd, M.Pd.AIFO, dosen FIK dan beberapa mahasiswa. semua peserta sangat semangat dalam mengikuti senam pagi yang merupakan kegiatan awal sebelum peluncuran HPU. Pada kesempatan kali ini, UM menjadi salah satu  kampus dan menjadi yang pertama di malang raya yang akan menerapkan HPU atau Kampus Berbasis Promosi Kesehatan yang memiliki tujuan mewujudkan kampus yang mendorong seluruh sivitas akademika untuk menjalankan hidup sehat.

Setelah senam, kegiatan disambung dengan serangkain acara peluncuran HPU dan pencangan hari krida yang diawali dengan pembacaan doa bersama yang dipimpin oleh Dr. Nur Faizin Lc. MA, M. Philo. Diteruskan dengan sambutan oleh pengarah HPU UM, Prof. Dr. Markus, M.Si yang menjelaskan tentang sejarah HPU. “HPU UM ini hadirnya sangat cepat dan agenda acaranya sangat padat,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ira Nurmala, S.K.M., MPH., PhD. dari UNAIR yang merupakan pendamping pengembangan HPU UM menjelaskan, bahwa saat mengunjungi UM ingin menggandeng UM sebagai HPU, bisa menyebarluaskan di luar Kota Surabaya. Beliau juga berharap dapat terus mensupport dan menggandeng UM untuk menjadi partner HPU secara berkelanjutan. 

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd., memberikan sambutan sekaligus meluncurkan program tersebut dengan dengan ditandain pembukaan tirai bersama-sama. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan oleh jajaran pimpinan UM dan mahasiswa dari kesekretariatan BEM, DMF, Ormawa, dan UKM. “Hari Krida sudah ada sejak tahun 1980 setiap jumat pagi dan berlaku untuk semua. Bertepatan dengan peluncuran HPU tersebut, hari krida diteguhkan kembali. HPU mencoba mendorong kampus kita  untuk bisa menjadi promotor. Saya berharap agar semua warga UM dan warga Malang peduli terhadap kesehatan, karena tanpa kesehatan, semua tidak bermakna,” ujar Rektor.

Pewarta: Ibrahim Naufal Daffa — Internship Humas UM.