image_pdf

Poor. Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan pengukuhan personalia Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu Raya UM 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada (17/11) di Graha Rektorat UM lantai 9 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hadir dalam kegiatan pengukuhan yakni Wakil Rektor III, para Wakil Dekan III, para pengurus dan panwas terpilih masing-masing fakultas.

Personalia KPU dan Panwas Pemilu Organisasi Pemerintahan Mahasiswa (OPM) 2021 telah melewati rangkaian seleksi yang diselenggarakan oleh DPM UM hingga dinyatakan lolos. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Pembacaan Surat Keputusan dan pembacaan janji pengurus yang dipimpin oleh ketua KPU dan Panwaslu. 

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III UM Dr. Mu’arifin, M.Pd., menyampaikan bahwa personalia KPU dan Panwaslu harus bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan benar. “Pemira harus dilaksanakan dengan jujur dan adil, Saudara harus bercermin dari tahun lalu, dan tidak mengulangi kesalahan serupa yang kurang baik, peraturan yang dibuat oleh KPU harus sesuai dengan peraturan tentang Ormawa sesuai SK Rektor UM dan Panwaslu harus mengawasi kinerja KPU dengan cermat,” ujarnya.

Bidang kemahasiswaan, selalu memotivasi dan memfasilitasi segala kebutuhan Pemira. Ingat Pemira tahun ini dilaksanakan dengan E-Voting. Apapun Kendala yang dihadapi ada 2 hal yang bisa saudara lakukan, yaitu komunikasi dan koordinasi. Saudara harus yakin bahwa kami berada dibelakang saudara, selama hal yang saudara lakukan benar maka jangan takut!,” lanjut WR III.

Dalam waktu dekat UM akan menjadi PTN BH yang di dalamnya terdapat Majelis Wali Amanah atau WMA dari unsur mahasiswa. WMA unsur mahasiswa ini adalah Ketua BEM oleh karena itu KPU dan Panwaslu memiliki peran yang penting dalam menjalankan Pemira sehingga dapat terpilih Ketua BEM yang dipilih oleh seluruh elemen mahasiswa UM,” pungkas Dr. Mu’arifin.

Sementara itu, Ketua KPU UM Muhammad Ahsan Thoriq berharap kedepan personalia KPU dan Panwas bisa menjalankan tugasnya dengan baik sehingga harapan bidang kemahasiswaan bisa terwujudkan. “Melalui ajang demokrasi tahunan ini, saya mengajak seluruh mahasiswa UM untuk berpastisipasi aktif dalam Pemira 2021 sehingga dapat terpilih pemimpin yang kompeten, kepada personalia KPU saya berharap bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dan benar” ujarnya.

Pewarta : Arya Wahyu Pratama -Internship Humas UM

Pewarta foto : Alfa Nurani – InternshipHumas UM