image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan Rapat Kerja Persiapan Pelaksanaan Uji Pengetahuan (UP) Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Guru (UKMPPG) Periode VII. Rapat Kerja terselenggara pada Jumat (16/12/2022) di Ijen Suites Resort dan dihadiri oleh pengawas UP dan  dua narasumber. Narasumber tersebut adalah Dr. Ir. Abdul Muiz Mappalotteng, M. Pd., M.T., IPM dari Universitas Negeri Makasar yaitu dan Dr. Baharullah, M.Pd., dari Universitas Muhammadiyah Makasar.

Tujuan diselenggarakannya rapat kerja ini untuk memberikan pengarahan serta sebagai pengingat kembali terkait informasi dan ketentuan peserta yang disampaikan kepada pengawas. Uji kompetensi akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu (17-18/12) secara daring berbasis domisili peserta.

Direktur Pasca Sarjana, Prof. Dr. Adi Atmoko, M.Si., mengucapkan terima kasih kepada pengawas atas kehadiran dan kerja sama dalam rapat kerja tersebut. Pasalnya, beliau menyadari bahwa para pengawas juga harus melakukan uji coba kepada peserta UP disaat yang bersamaan dengan terselenggaranya rapat kerja tersebut.

“UM kembali diamanahi menjadi salah satu penyelenggara uji pengetahuan pada periode VII. Maka dari itu, mohon dengan sungguh-sungguh untuk melaksanakan tugas dengan tanggung jawab hingga selesai nanti,” harap Direktur Pasca Sarjana dalam sambutannya sekaligus membuka rapat kerja.

Hal itu selaras dengan pernyataan Dr. Makbul Muksar, S.Pd., M.Si., selaku koordinator PPG pasca sarjana UM. Beliau memberikan himbauan kepada pengawas untuk tidak melakukan keteledoran dalam pengawasan. Mengingat, pengawas yang bertugas bukanlah pengawas yang baru sehingga dari pengalaman tersebut dapat menjalankan tugas dengan maksimal.

“Beberapa hal yang harus saya sampaikan kepada pengawas untuk tidak terlambat datang ke lokasi pengawasan dan tidak melakukan kegiatan lain ketika mengawasi peserta. Hal itu ditujukan agar pengawasan menjadi maksimal mengingat pengawasan hanya terbatas pada layar laptop saja,” ungkap koordinaror PPG Pascasarjana UM.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian informasi oleh kedua narasumber yaitu Dr. Ir. Abdul Muiz Mappalotteng, M. Pd., M.T., IPM dan Dr. Baharullah, M.Pd. Informasi yang disampaikan oleh beliau terkait pelaksanaan UP serta hasil informasi yang telah didapatkan dari UP yang telah dilaksanakan sebelumnya. Selain itu, disampaikan pula hasil temuan yang didapatkan pengawasan.

“Beberapa penemuan dari pengawas UP adalah terdapat peserta yang mengerjakan di tempat yang kurang layak yaitu di bawah pohon. Selain itu, terdapat peserta yang sakit dan memaksakan untuk mengikuti ujian. Kecurangan pun ditemukan ketika peserta yang ujian digantikan oleh orang lain. Maka dari itu, mohon kepada pengawas untuk memastikan dan memverifikasi dengan teliti terkait berkas peserta maupun alat dan tempat peserta. Semoga kejadian-kejadian seperti itu tidak akan terjadi di pelaksanaan ujian pengetahuan besok,” harap Dr. Baharullah, M.Pd.

Pewarta : Novita Eka Andriyana – Internship Humas UM