image_pdf
Universitas Negeri Malang lalukan kunjungan virtual bagi calon mahasiswa baru jalur Mandiri tahun 2021

Poor. Universitas Negeri Malang lakukan kunjungan virtual pada Jum’at, 30 April 2021 melalui platform Video Conference Zoom Meeting. Kegiatan dilakukan dalam 2 sesi, mulai pukul 08.00 sampai 11.00 WIB dan diikuti oleh 15 Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA). SMAN 1 Cikarang Barat, SMA Katolik Santo Augustinus Kediri, MAN 2 Lamongan, MAN 2 Tulungagung, SMAN 1 Boyolangu Tulungagung, MAN 2 Bojonegoro, SMAN 1 Turen, SMAN 1 Tumpang, SMA Jendral Sudirman Kalipare, SMA Diponegoro Tumpang, SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi, MAN 2 Malang, SMAN 1 Lawang, SMAN 1 Singosari, dan SMA Widya Dharma Turen.

Kunjungan virtual merupakan kegiatan pengganti dari kunjungan yang biasa dilakukan SLTA ke UM untuk mengenal lingkungan kampus. Pada kegiatan ini, siswa dan guru dari sekolah mendapat materi tentang UM dan jalur apa saja yang bisa diikuti oleh siswa-siswi SLTA yang ingin melanjutkan pendidikan di UM.

“UM tahun ini mngukir banyak prestasi, diantaranya menempati peringkat 15 dalam klaster 1, pemeringkatan klasterisasi Perguruan Tinggi di Indonesia. Selain itu UM juga sudah mendapat akreditasi A dan bukan sekedar akreditasi A. Karena UM mendapat nilai tertinggi nomor 4 dari seluruh PTN dan PTS di Indonesia.” tutur Koordinator bagian Kerjasama dan Humas, Dra. Komariyah

Lebih lanjut Dra. Komariyah juga menjelaskan bahwa UM memiliki 8 Fakultas dengan 69 Program Studi terakreditasi A dan 40 program Studi terakreditasi B yang bisa siswa pilih jika ingin masuk ke UM.

“Pastikan jika adik-adik ingin memilih program studi, itu sesuai dengan minat dan bakat adik-adik. Supaya nanti bisa menjalani perkuliahan dengan lancar.” tegasnya

Selain SNMPTN dan SBMPTN, UM menyediakan seleksi mandiri bagi para siswa yang ingin mendaftar ke UM. Pada seleksi mandiri ini ada tiga jalur yang bisa dipilih, yaitu seleksi berdasarkan prestasi akademik dan non-akademik, seleksi berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dan yang terakhir seleksi berdasarkan portofolio.

Tidak hanya mendengar dan menyimak materi yang diberikan, siswa dan guru yang mengikuti kunjungan virtual ini juga diberi kesempatan untuk bertanya dan mendapat doorprize jika berhasil menjawab pertanyaan.

Reporter: Muhammad Zaid Al Khair - UM Public Relations Internship