image_pdf
Kegiatan Indonesia Day dengan tema “Fun Cooking: Street Food Edition” KUI UM

KUI UM (Kantor Urusan Internasional Universitas Negeri Malang) sukses laksanakan kegiatan Indonesia Day dengan tema “Fun Cooking: Street Food Edition” pada hari Sabtu (18/03). Bertempat di OIA Meeting Room Gedung Sasana Budaya Lantai 1, kegiatan diikuti secara meriah oleh mahasiswa internasional baik dari UM, UB (Universitas Brawijaya), maupun UMM (Universitas Muhammadiyyah Malang). Acara Indonesia Day yang mengusung tema kuliner ini bertujuan mengenalkan beberapa macam jajanan khas Indonesia kepada mahasiswa internasional melalui presentasi, masak bersama, dan terakhir makan bersama. 

Direktur KUI, Dr. Evi Eliyanah menyambut kedatangan para mahasiswa internasional dari beberapa kampus tersebut melalui pidato sambutannya. Beliau mengucapkan terima kasih atas kedatangan para mahasiswa sekaligus memberitahu esensi di balik penyelenggaraan Indonesia Day ini.

“Kenapa sih kita perlu mengadakan Indonesia Day? Kenapa kita perlu melakukan hal seperti ini? Selain kita lebih mengenal terhadap budaya di mana kalian berpijak, seperti pepatah yang bilang ‘di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung’, tapi ada juga masa di mana kalian yang harus mengenalkan budaya kalian juga kepada kita atau yang namanya culture exchange. Jadi dua kegiatan ini memang harus ada setiap tahun, yaitu Indonesia Day dan culture exchange sebagai jembatan budaya antara Indonesia dan budaya dari negara kalian. Oleh karena itu, kalian bisa memahami kami lebih baik dan kami bisa memahami kalian lebih baik. Saya rasa itu adalah hal yang penting untuk membangun hubungan antar sesama” ujar Dr. Evi Eliyanah.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi presentasi dari Laili Hidayati, S.Pd, M.Si., selaku dosen Departemen Pendidikan Tata Boga dan Busana UM. Beliau menjelaskan beberapa macam jajanan Indonesia seperti sate, pisang goreng, dan juga es buah. Selanjutnya para mahasiswa internasional tersebut mempraktikkan secara langsung pembuatan ketiga makanan dan minuman tersebut dan terakhir disantap bersama-sama. 

“Itu adalah sebuah pengalaman yang luar biasa berhubung saya juga hobi memasak. Saya senang karena mendapatkan pengalaman untuk membuat beberapa makanan Indonesia secara langsung seperti sate yang menjadi favorit semua orang, pisang goreng yang juga makanan penutup favorit saya, dan terakhir es buah. Intinya, hari ini adalah hari yang terbaik dan saya berharap dapat menghadiri kegiatan seperti ini lebih banyak lagi ke depannya” ungkap Mohd Samsh, mahasiswa asal India saat ditanya kesannya mengikuti kegiatan Indonesia Day.

Pewarta: Malichatus Sa’diyah – Internship Humas UM

Editor: Nahdiatul Affandiah