image_pdf
Prof. Dr. Imron Arifin, M.Pd memberikan materi seminar Pembelajaran STEAM pada Pendidikan Anak Usia Dini

Sejumlah 298 peserta dari berbagai Sekolah dan Dinas Pendidikan antusias mengikuti Seminar Nasional dengan tema “Pembelajaran STEAM pada Pendidikan Anak Usia Dini” yang diselenggarakan oleh Program studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM). Kegiatan yang digelar secara daring melalui zoom meeting pada Sabtu, 29/05/2021 ini dimulai pada pukul 07.00 WIB dan bekerja sama dengan HIMPAUDI dan IKAD-PAUDI.

Dekan FIP UM, Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono, M.Pd., memberikan sambutan  kepada peserta dan sekaligus membuka seminar tersebut. Dalam sambutanya beliau menyampaikan “dalam seminar ini akan dibedah mulai tataran filosofi, konsep dasar, hingga implementasi. Untuk itu diharapkan para peserta mengikuti rangkaian acara seminar ini untuk mendengarkan paparan yang akan disampaikan oleh narasumber dengan baik”, ujarnya.

Bertindak sebagai moderator pada sesi materi adalah Dr. Muh Arafik , S.Pd, M.Pd., dengan memberikan pengantar seminar nasional secara daring serta mebacakan profil narasumber. Materi pertama sesi ini dismpaikan oleh narasumber Prof. Dr. Imron Arifin, M.Pd selaku Koorprodi S2 PAUD FIP UM menjelaskan Manajemen pembelajaran STEAM pada Paud abad 21. “STEAM merupakan singkatan dari Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics. Semua poin tersebut terintegrasi menjadi unsur kesatuan yang berkolaborasi dan berharap STEAM menjadi sebuah inovasi terbaru dalam pembelajaran pada abad 21, pungkasnya.

Kegiatan seminar nasional ini juga mengahkan narasumber lain yaitu Ketua IKAD PAUDI, Dr. H. Sukiman, M.Pd., yang menjelaskan tentang pengembangan program dan evaluasi pembelajaran STEAM pada PAUD., Pengkaji dan Pengembang STEAM, Dr. Widya Ayu Puspita, M.Kes. yang menjelaskan implementasi penggunaan STEAM pada PAUD., serta ketua HIMPAUDI, Prof. Dr. Ir. Hj. Netti Herawati, M.Si, dengan materi Pendidikan PAUD Abad 21 Berbasis STEAM.

Pada sesi terakhir peserta diberikan kesempatan untuk diskusi serta tanya jawab denga narasumber yang pertanyaan disampaikan melalui kolom chat, dan diakhiri dengan penutupan oleh Dekan FIP UM.

Pewarta: Ibrahim Naufal Daffa’ (Internship Humas)