image_pdf
Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D selaku ketua LP3 UM

Poor. State University of Malang (UM) conducts learning and training in order to develop employee competencies for permanent non-PNS lecturers. Training is carried out through channels Zoom Meeting yang ditutup dengan beberapa sambutan terakhir serta evaluasi program pada Kamis (21/01). Peserta diklat berjumlah 40 orang yang merupakan calon dosen tetap Non-PNS terdiri atas 37 orang dari lulusan jenjang S3 dan tiga orang berasal dari lulusan jenjang S2.

Kondisi Covid-19 yang belum tertangani membuat pelaksanaan kegiatan ini harus berlangsung secara daring. Diklat dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 18 – 21 Januari 2021 dengan total sembilan materi yang akan di paparkan. Sembilan materi tersebut adalah “UM dulu, sekarang, dan masa depan”, pembentukan karakter, wawasan kebangsaan dan nasionalisme, tri dharma perguruan tingi, kelembagaan, kepemimpinan akademik pada era revolusi industri 4.0, pelayanan publik, etika kehidupan kampus, serta etika dan moral pergaulan akademik kampus.

Para Peserta mengikuti dengan antusias

“Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk dosen UM agar dapat bekerja secara professional dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Kemudian ingin membentuk sikap dan karakteristik dosen UM agar bekerja lebih optimal dan mengenal um lebih baik, sehingga dapat mncintai um dan bekerja dengan sebaik-baiknya. Kehadiran peserta 100% selama 4 hari walaupun beberapa gangguan teknis. Evaluasi program para peserta menyatakan bahwa mendapatkan manfaat yang sangat baik dari materi yang di paparkan.” Ujar Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D as the head of LP3 UM.

Vice Rector II Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd

Vice Rector II Prof.DrHeri SuwignyoM.Pd stated that materi yang diberikan pada diklat kali ini dirasa sudah cukup untuk membekali peserta dalam hal kompetensi, komitmen, integritas, karakter untuk lembaga. Secara regulasi, UM tidak membedakan dosen tetap PNS dan Non-PNS. Semuanya setara dalam perihal pemenuhan hak dan kewajiban. UM sudah merencakan pengembangan SDM yang berbasis pada talenta dan produk. Sehingga diharapkan mampu mendukung para dosen untuk mengembangkan talentanya untuk terus berinovasi. Peserta diklat diharapkan dapat menjadi dosen pelopor di bidang masing-masing yang mampu menggerakan tenaga baru dan muda untuk UM kedepannya.

Reporter: Rifdah Ananda Baharuddin - UM Public Relations Internship